Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Badrut Tamam

Puncak Dies Natalis Ke-56 UIN KHAS Jember

Eduaksi | Monday, 21 Feb 2022, 12:40 WIB

JEMBER,- Kegiatan acara puncak Dies Natalis ke-56 Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember yang digelar di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) Lantai 3 diikuti oleh sivitas akademika UIN KHAS Jember, Senin pagi (21/2/22).

Dalam sambutannya Rektor UIN KHAS Jember Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE, M.M menyampaikan bahwa hari ini merupakan hari yang luar biasa bagi perkembangan UIN KHAS Jember. “Perjuangan panjang UIN KHAS serta cikal bakal dimulaik sejak tahun 1964 di PGAN 6 tahun di Gebang diselenggarkan konferensi NU salah satu rekomendasi dalam pelaksanaan koferensi cabang itu agar di Jember segera ada perguruan tinggi keagamaan. Maka dibentuk tim lima yang merupakan tokoh dan pemikir di Kabupaten Jember. Beliau tim lima ini bergerak cepat dan yang menjadi rujukan pertama yakni IAIN Sunan Kalijaga. Dengan kendaraan seadanya beliau pergi ke IAIN Sunan Kalijaga dalam rangka melakukan komunikasi agar supaya di Jember ada perguruan tinggi. Tanpa diskusi yang panjang akhirnya Institut Agama Islam Djember (IAID) itu adalah binaan IAIN Sunan Kalijaga,” papar Rektor di hadapan hadirin.

Rektor menambahkan karena kerja, tekad serta doa yang tulus dari panitia pada waktu itu 1966 Menteri Agama Syaifuddin Zuhri mendirikan IAIN di berbagai daerah salah satunya IAIN Sunan Ampel Surabaya. Maka pada saat itu IAID ditarik jadi satu Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel. Singkat cerita 1997 beralih status menjadi STAIN Jember dan 2014 beralih status IAIN Jember dan 2021 menjadi UIN KHAS Jember.

KH. MB Firjaun Barlaman selaku Wakil Bupati Jember dan juga merupakan perwakilan keluarga dari KH. Achmad Siddiq menyampaikan apresiasinya atas dies natalis ke 56 UIN KHAS Jember.

“Sejak lahir hingga mengerti dunia bahwa ayahanda KH. Achmad Siddiq menginginkan anak dan santri-santrinya menjadi seorang pemimpin. Minimal bisa memimpin dirinya sendiri,”ujar Gus Firjaun.

Perwakilan Mahasiswa Program Doktor Badrut Tamam menyampaikan selamat kepada Dies Natalis UIN KHAS Jember ke 56. Semoga makin sukses dalam mendidik putra-putri bangsa. Dan menjadi percontohan dan teladan bagi PTKIN lainnya dalam perkembangan akademiknya.#

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image