Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Arneta Difa Octaviana

Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian dalam Event Rayakan di Matahari

Eduaksi | 2025-04-09 22:51:37
sumber : foto pribadi

Ramadhan merupakan waktu yang penuh berkah dan menjadi momentum penting bagi umat Muslim untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk berbelanja. Masyarakat Indonesia mempunyai tradisi membeli baju baru untuk Hari Raya Idul Fitri, sehingga permintaan meningkat drastis. Matahari Department Store sebagai salah satu toko fashion terbesar di Indonesia memanfaatkan momen ini melalui event "Rayakan di Ramadhan" yang menawarkan diskon besar, cashback, bundling produk, hingga peluncuran koleksi spesial Lebaran. Teori yang relevan adalah Teori Keputusan pembelian dan Teori (S-O-R) Stimulus-Organism-Response.

1. Teori keputusan pembelian

Konsumen menyadari bahwa mereka butuh pakaian baru untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri menyadari hal itu konsumen bisa mencari informasi tentang event Rayakan di Matahari, jenis pakaian yang dijual dan diskon yang ditawarkan membuat konsumen tertarik untuk membeli. Konsumen menjadi terdorong untuk membeli lebih dari yang dibutuhkan karena adanya promosi dan diskon besar yang ditawarkan berupa voucher potongan belanja 50 ribu untuk minimal pembelian 1 juta dan voucher potongan belanja 200 ribu miimal pembelian 2 juta serta diskon 50%.

2. Teori (S-O-R) Stimulus-Organism-Response

Konsumen merasa adanya rangsangan eksternal melihat tulisan diskon 50% belum lagi musik yang diputar membuat suasana Idul Fitri terasa semakin dekat, konsumen juga akan terasa tertarik dan penasaran dan akhirnya muncul fikiran untuk mencoba dan membeli produk pakaian yang ditawarkan.

Perilaku konsumen dalam event Rayakan di Matahari menunjukkan adanya proses pengambilan keputusan yang terdiri dari lima tahap, yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian.

Event ini memberikan stimulus yang kuat melalui promosi besar-besaran, diskon menarik, dan suasana toko yang menggugah minat beli konsumen. Konsumen terdorong untuk menyadari kebutuhannya akan pakaian baru, terutama karena momen-momen spesial seperti Lebaran, Natal, atau tahun baru. Mereka kemudian mencari informasi dari berbagai sumber, membandingkan produk yang tersedia, dan akhirnya memutuskan untuk membeli karena adanya penawaran yang menguntungkan serta faktor emosional seperti urgensi dan keinginan untuk tampil lebih menarik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image