Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Cara Ternak Sapi Lokal Cepat Gemuk dan Untung

Bisnis | Friday, 18 Feb 2022, 13:13 WIB

Beberapa orang memang lebih memilih sapi lokal untuk diternakkan. Selain harganya yang lebih murah, perawatan sapi lokal juga termasuk lebih mudah daripada jenis sapi lainnya. Meskipun demikian jenis sapi ini memiliki pertumbuhan yang cukup lama, sehingga peternak harus paham cara ternak sapi lokal yang benar.

Penanganan sapi lokal yang tepat tentu akan menunjang pertumbuhan dan perkembangan sapi tersebut. Sapi lokal yang cepat tumbuh dan gemuk pasti akan lebih menguntungkan. Nah, agar lebih jelas lagi, simak uraian cara ternak sapi lokal berikut ini:

Buat Kandang yang Ideal

Kandang merupakan salah satu faktor yang jadi penentu berhasil tidaknya usaha ternak sapi lokal. Kondisi kandang yang ideal tentu akan membuat sapi semakin nyaman sehingga akan meningkatkan tumbuh kembang sapi tersebut. Kandang yang ideal ditentukan oleh beberapa faktor seperti sirkulasi udara, luas kandang, dan tinggi atap.

Pastikan kandang sapi memiliki sirkulasi udara yang baik, bila perlu buat kandang tanpa tembok untuk mengurangi amonia di dalamnya. Buat kandang yang cukup luas agar sapi bisa leluasa bergerak dan agar suhu di dalam kandang tidak terlalu panas. Pastikan juga kandang memiliki atap yang cukup tinggi agar kandang tidak terlalu panas dan pengap.

BACA JUGA: Contoh usaha di bidang jasa

Pilih Bibit Sapi Unggul

Hal penting berikutnya yang harus dipenuhi adalah pemilihan bibit sapi lokal. Pilih bibit sapi dari varietas unggul untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bibit sapi unggul biasanya memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih cepat sehingga bisa memangkas biaya ternak.

Nah, cara memilih bibit sapi unggul yakni dengan melihat fisiknya. Jika memutuskan membeli bibit sapi, coba perhatikan fisik sapi. Bibit sapi unggul biasanya memiliki bentuk kekar dengan bulu yang mengkilat serta nafsu makan yang tinggi.

Beri Pakan Tinggi Nutrisi

Cara ternak sapi lokal agar cepat gemuk yang ketiga yakni dengan memberikan pakan bernutrisi. Pakan dengan kadar protein tinggi tentu bisa membantu mempercepat proses pertumbuhan dan penggemukan sapi.

Pastikan untuk selalu memberi pakan sapi dengan kandungan protein kasar di atas 15%. Jangan lupa untuk memperhatikan pula konsumsi serat harian. Jangan sampai konsumsi serat kasar lebih besar dari protein kasar karena akan menyebabkan nutrisi tidak terserap sempurna dan sapi susah gemuk.

BACA JUGA: Peluang ternak bebek potong

Itulah cara ternak sapi lokal yang wajib diketahui. Pastikan untuk selalu menerapkan cara di atas agar sapi cepat gemuk, selalu sehat dan omset bisa meningkat dan jangan lupa rutin periksakan ke dokter.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image