Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Jurnalis Lepas

Kiat Bisnis Bagi Pemula Ala Septian Bramandita: Manfaatkan Internet

Teknologi | Friday, 18 Feb 2022, 08:19 WIB

Dalam perkembangan zaman saat ini, banyak orang yang sudah tak melulu mengandalkan gaji sebagai karyawan untuk bertahan hidup. Banyak dari mereka yang saat ini mencoba mencari sumber pendapatan lain, salah satunya adalah dengan memulai berbisnis sebagai usaha sampingan.

Meskipun nampak mudah, namun dalam berbebisnis ini bukan suatu hal yang bisa anda anggap remeh. Jika tidak berhati-hati dalam menjalankan bisnis tersebut, bukannya mendapat keuntungan yang ada anda mengalami kerugian.

Maka dari itu, sebelum anda benar-benar ingin terjun dalam dunia bisnis dan mengeluarkan dana besar, ada baiknya untuk mengasah skil berbisnis terlebih dahulu. Beruntung, saat ini untuk mendapatkan ilmu dasar dalam berbisnis ini bisa didapatkan dengan mudah, salah satunya yakni melalui sosial media.

Seperti salah satunya sosok entrepreneur muda benama Septian Bramandita yang sering kali membagikan tips dan trik dalam berbisnis melalui akun Instagram pribadinya @Bisnisbarengbram. Bram tidak pernah pelit untuk berbagi ilmu berjualan online yang efektif dan bisa diterapkan langsung nantinya.

Nah berikut ini, sedikit tips dari Bram mengenai kiat bisnis bagi pemula yang bisa anda coba nantinya.

Manfaatkan Internet Untuk Belajar Berbisnis

Awal mula Septian Bramandita berbisnis terjadi pada tahun 2013 silam, pria yang akrab disapa Bram ini berbisnis berjualan ponsel sebagai sorang dropshiper. Tidak memiliki modal, dan pada saat itu yang ia miliki hanyalah kenekatan serta reputasi baik pada forum online ternama, Kaskus.

“Kalo kilas balik ke awal saya jualan online dulu di 2013 (udah nggak kerasa berarti 9 tahun yg lalu) itu mulai dengan model bisnis dropshipping, yang mana saat itu masih sangat sangat works bagi saya,” ujar Bram.

Meskipun saat ini model bisnis sebagai dropshipper tak sepopuler dulu, namun Bram tak ingin para pebisnis muda ini berkecil hati. Pasalnya sekarang fasilitas mereka lebih lengkap, jadi misal ingin belajar suatu hal cukup mengandalkan internet dan Smartphone sudah mendapatkan banyak ilmu secara gratis.

Beri Alasan Kenapa Calon Pembeli Harus Beli Produk Anda

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh pebisnis adalah, kemampuannya dalam memahami jalan pikiran dari calon pembeli. Dan paling utama adalah alasan yang mendasari mereka agar segera membeli produk yang anda miliki.

"Saya yakin 100% sebenarnya sebagian calon customer Anda setuju kalau produk/jasa Anda bagus. Tapi masalahnya, mereka berpikir kenapa mereka harus beli sekarang. Mereka sudah niat kok beli itu. Hanya saja karena Anda tidak memberi alasan kenapa harus beli sekarang, ya mereka akan beli nanti-nanti aja," lanjut Bram.

Pertannyaanya, bagaimana cara pebisnis untuk menumbuhkan urgensi kepada para calon pembeli supaya mereka merasa wajib membeli sesegera mungkin produk anda? menurut Bram, caranya ialah dengan memberikan mereka iming-iming berupa bonus, voucher pembelian, maupun gratis ongkir.

Jangan Suka Menunda-nunda, dan Rajin Membuat Konten

Yang paling penting bagi pebisnis pemula adalah, selalu menanamkan mindset jika tidak ada kata terlambat untuk memulai bisnis. Selain itu, konten ini juga dianggap sebagai sarana promosi bisnis yang cukup kuat.

Maka tidak heran, Bram yang juga dikenal sebagai seorang digital marketing specialist ini kerap kali mengajak para followernya untuk tidak malu membuat konten.

"Satu-satunya strategi marketing paling murah dan berefek besar di zaman sekarang adalah (dengan) membuat konten," pungkasnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image