PELAYANAN KESEHATAN GRATIS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SLB-BC DHARMA WANITA 01 OLEH PMM UMM KELOMPOK 63

Image
PMM Bhaktiku Negeri
Eduaksi | Thursday, 17 Feb 2022, 23:57 WIB
Pelayanan Kesehatan pada Siswa

Program Pengabdian pada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kelompok 63 gelombang 1 yang berlokasi di SLB-BC Dharma Wanita 01 masih terus berjalan. Kamis (17/02/2022) dilakukan pelayanan kesehatan gratis pada seluruh warga SLB-BC Dharma Wanita 01. Kegiatan ini didampingi oleh DPL (Dosen Pembimbing Lapang) Titik Agustiyaningsih, S. Kep, Ns, M.Kep. yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran kesehatan sebagai bentuk deteksi dini penyakit. Program pelayanan kesehatan dilaksanakan selama satu hari. Program ini tidak hanya dilakukan pada siswa-siswinya melainkan juga kepada guru dan wali murid. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pengukuran berat badan, tinggi badan dan pemeriksaan tekanan darah.

Pelayanan Kesehatan pada Siswa

Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya yang biasanya menunjukkan ketidakmampuan mental, emosi, maupun fisik. Anak berkebutuhan khusus memiliki beberapa pengelompokkan antara lain anak dengan tunanetra, tunarungu, tunagrahita dan lain sebagainya. Anak berkebutuhan khusus sangat memerlukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk mengetahui kondisi fisiknya.

“Program Pelayanan Kesehatan ini sangat dibutuhkan oleh kami. Mengingat sebelum masa pandemi Covid-19, Pelayanan Kesehatan rutin dilaksanakan setahun sekali oleh Puskesmas setempat. Akan tetapi, di 2 tahun terakhir ini atau selama masa pandemi Covid-19 sudah tidak lagi dilakukan kecuali saat vaksinasi.” ujar Kepala Sekolah.

Koordinator kelompok 63 PMM UMM SLB-BC Dharma Wanita 01, Elia Huatika Adyrah mengatakan bahwa “Program Pelayanan Kesehatan ini adalah awal dari program kerja kami. Harapan dari program yang kami lakukan dapat bermanfaat bagi sekolah khususnya dalam peningkatan kesehatan di masa pandemi Covid-19.”

Pelayanan Kesehatan pada Guru

Kekompakan warga SLB-BC Dharma Wanita 01 yang berpartisipasi dalam pelaksanaan program pelayanan kesehatan ini menumbuhkan jiwa semangat kerja bagi mahasiswa yang menjalankan pengabdian. Disamping itu, kelompok 63 gelombang 1 dari Universitas Muhammadiyah Malang ini juga membuka sesi konsultasi mengenai kesehatan kepada seluruh warga SLB-BC Dharma Wanita 01. Harapannya tingkat kesehatan semua warga SLB-BC Dharma Wanita 01 dapat terjaga dengan baik.

“Alhamdulillah, dengan adanya program yang dilakukan oleh Mahasiswa PMM Kelompok 63 dari Universitas Muhammadiyah Malang yang mengabdi di sekolah ini kami merasa terbantu. Dengan pemeriksaan ini kami dapat mengetahui tingkat kesehatan diri sehingga kami dapat mencegahnya.” ujar Bu Santi Guru SLB.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kesekian Kali

Image

Puskesmas Terbaik DKI Jakarta Berdasarkan Review Terbaru

Image

Ruang Lingkup Morfologi

Image

Pengaruh k-pop terhadap remaja

Image

Prodi Hukum Bisinis Unismuh Makassar Siap Gelar Kuliah Perdana Awal Desember

Image

Video Kreatif Keren Tanpa Asap Rokok Lapas Perempuan Palembang Juara 1 pada HUT Yayasan Jantung Seha

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image