PPSDM Geominerba Siapkan ASN Tanggap Darurat Bencana Geologi

Image
Geominerba Geominerba
Info Terkini | Thursday, 17 Feb 2022, 22:00 WIB

Sebagai negara yang berada diantara 3 tumbukan lempeng tektonik yaitu lempeng eurasia, lempeng indo australia dan lempeng pasifik. Bencana geologi seperti gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung api tidak bisa kita hindari. Diperlukan kemampuan Manajemen Penanggulangan Bencana dari para Aparatur Sipil Negara dalam rangka menghadapi bencana geologi.

Manajemen penanggulangan bencana adalah upaya yang dilaksanakan dalam rangka upaya pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, tanggap darurat dan pemulihan berkaitan dengan bencana, yang dilakukan pada tahapan sebelum, saat dan setelah bencana.

PPSDM Geominerba sebagai institusi pemerintah yang mempunyai tugas untuk mengembangkan kompetensi sumber daya manusia di sektor geologi, mineral, dan batubara menyelenggarakan Diklat Manajemen Penanggulangan Bencana di Lingkungan Kementerian ESDM.

Sebanyak 21 orang ASN dari Badan Geologi mengikuti diklat selama lima hari mulai dari tanggal 14 Februari sampai dengan 18 Februari 2022 secara online.

Selama diklat para peserta akan dibekali materi seperti: Sistem Nasional Penanggulangan Bencana, Bencana Geologi dan Karakteristik Bencana Geologi, Risiko Bencana, dan Mitigasi Bencana Geologi.

Materi seperti Kesiapsiagaan Bencana Geologi, Tanggap Darurat Bencana Geologi, Pemulihan Bencana Geologi, dan Studi Kasus juga akan diberikan.

Diklat ini merupakan salah satu upaya dari PPSDM Geominerba untuk meningkatkan kompetensi ASN KESDM dalam menghadapi bencana.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Rutan Temanggung adakan FUN GAME untuk Seluruh Pegawai Memperingati HUT RI dan HDKD 2022

Image

Perkuat Tusi Kehumasan, Pengelola Humas Jepara Ikuti Penguatan dari Sekretaris Jenderal Kemenkumham

Image

Jurnal ku hari ini

Image

Rupbasan Surakarta ikuti Penguatan Kehumasan oleh Sekretaris Jenderal

Image

Resmikan Eco Bee Park, Menteri LHK Dorong UMKM Semakin Maju Manfaatkan Madu dan Kelor

Image

Jelang Upacara HUT RI dan HDKD Ke-77 Tahun 2022, LPKA Kelas I Palembang Kemenkumham Sumsel Ikuti Rap

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image