Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deni Saputro

Cara Beli Game dan Cara Bayar di G2A Tanpa Kartu Kredit

Bisnis | Thursday, 17 Feb 2022, 17:10 WIB
Screenshot from https://www.g2a.com

Industri game sudah berkembang menjadi bisnis yang sangat besar saat ini. Penjualan game semakin ramai dan para developer makin rajin mengeluarkan karya mereka. Namun seiring dengan demand yang tinggi harga game pun mulai semakin mahal.

Alhasil akan menjadi sebuah kabar gembira jika gamer menemukan tempat membeli game dengan harga relatif miring, seperti di situs yang akhir-akhir ini semakin populer di kalangan gamer, yaitu G2A. Situs tersebut menjual kunci produk dari software dan game dengan harga murah.

Namun apakah situs ini aman? Lalu bagaimana cara beli game di sana?

Nah untuk keamanannya kita akan bahas sekilas di tulisan ini. Sementara untuk cara membelinya, karena situs ini berbasis di luar negeri, yaitu Hong Kong, kamu membutuhkan kartu kredit untuk melakukan pembayaran.

Nah namun tenang saja di tulisan kali ini kami juga akan membahas Cara Beli Game dan Bayar di G2A Tanpa Kartu Kredit. Oke mari langsung saja ke penjelasannya.

Apa itu G2A?

Secara sederhana kita bisa menyebut G2A adalah sebuah marketplace yang mempertemukan pembeli dan penjual, seperti eBay, Tokopedia, Bukalapak dan lainnya namun produknya dikhususkan untuk product key suatu software atau game. Jadi semua orang bisa menjual atau membeli product key di platform G2A.

Nah namun uniknya seringkali penjual di platform ini membandrol product key dengan harga yang lebih murah dari platform utama seperti Steam, Origin , Epic Games Store atau Uplay, kenapa bisa begitu?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, G2A adalah sebuah marketplace. Artinya kunci permainan dijual di situs oleh penjual pihak ketiga. Mereka bisa jadi adalah individu yang menjual product atau license key tambahan yang belum mereka pakai. Atau penjual merupakan suatu bisnis yang memang membeli kunci permainan dalam jumlah besar untuk dijual kembali. Alhasil harga yang mereka bandrol pun cenderung lebih murah, bahkan dari harga resminya.

Saat kamu membeli dari G2A bukan berarti kamu membeli game-nya dan langsung bisa dimainkan. Setelah menyelesaikan pembayaran kamu akan menerima kunci permainan melalui email. Setelah itu kamu bisa menuju ke platform yang relevan, bisa Epic Games Store, Uplay, Steam, Origin, atau lainnya untuk mengaktifkan kunci tersebut.

Kemudian kamu akan diberikan opsi untuk menempelkan kunci permainan tersebut di platform tempat kamu mengaktifkannya, barulah kamu dapat mengunduh file permainan. Jadi kamu tetap akan mengunduh file dari server platform, bukan dari situs G2A langsung.

Apakah G2A Aman?

Nah sekarang pertanyaannya apakah membeli game dari G2A aman? Jika pertanyaan ini diajukan dulu, mungkin kamu akan mendapat jawaban yang merekomendasikan untuk menghindari berbelanja kunci permainan dari G2A.

Nah namun saat ini platform satu ini mencoba meningkatkan jaminan keamanan untuk pengguna mereka, khususnya pembeli. Mereka menawarkan jaminan uang kembali untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan dalam pembelian dan penjual pihak ketiga tidak mau membantumu.

Selain itu sebagian besar ulasan untuk G2A terbilang positif, para pelanggan mengatakan bahwa mereka menerima kunci permainan mereka segera setelah melakukan pembelian dan dapat menggunakannya tanpa masalah.

Tapi tetap saja, kami tidak bisa menyebutkan G2A 100% aman, karena masih ada yang memiliki pengalaman kurang baik saat membeli dari G2A. Beberapa orang mengaku tidak menerima kunci di email mereka padahal sudah membayar atau kunci yang mereka terima tidak berfungsi.

Cara Membeli Game di G2A Tanpa Kartu Kredit

Nah sekarang kita masuk ke menu utama di tulisan ini, yaitu bagaimana Cara Membeli Game di G2A Tanpa Kartu Kredit. Untuk alternatif kartu kredit kamu bisa menggunakan rekening virtual yang memang menyediakan layanan transaksi secara internasional.

Salah satu yang paling populer digunakan adalah PayPal. Dengan memanfaatkan Platform ini kamu bisa melakukan pengiriman dan menerima uang secara dosmetik atau internasional, termasuk melakukan pembayaran di situs G2A.

Jika kamu ingin menggunakan cara membeli game di G2A menggunakan PayPal pastikan dulu saldo di akun PayPal-mu mencukupi, kemudian kamu bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi situs https://www.g2a.com/ dan lakukan Sign In, jika belum punya akun silakan mendaftar terlebih dahulu.

2. Selanjutnya silakan cari game yang kamu ingin beli dan tambahkan ke Cart

3. Setelah selesai memilih game, silakan pergi ke cart untuk memproses pembelian

4. Setelah masuk cart silakan klik tombol Continue to Payment untuk melanjutkan ke pembayaran

5. Selanjutnya adalah memilih metode pembayaran, silakan klik pada opsi PayPal, lalu klik Continue

6. Kamu akan diarahkan pada laman konfirmasi, silakan cek pembelianmu. Jika sudah benar, klik tombol Pay with PayPal untuk melakukan pembayaran.

7. Selanjutnya kamu akan melihat halaman konfirmasi pembayaran, di sana ada data harga dan alamat shiping. Silakan dicek, jika dirasa semua datanya sudah benar lanjutkan dengan klik tombol Pay Now

8. Voila! Kamu pun sudah berhasil membeli game menggunakan metode pembayaran PayPal. Saldo di akun PayPal-mu akan secara otomatis terpotong sesuai dengan harga yang dibayarkan

9. Kamu bisa cek akun PayPal milikmu untuk melihat transaksi pembelian game yang baru saja kamu lakukan

Cara Bayar Di G2A Tanpa Kartu Kredit dan PayPal

Jika kamu sudah mengikuti tutorial diatas dan telah sampai ke tahap memilih metode pembayaran, maka kamu dapat mengikuti Cara Bayar di G2A berikut ini jika yang kamu butuhkan adalah cara pembayaran di G2A tanpa kartu kredit dan PayPal.

Terutama bagi Kamu yang kebetulan tidak memiliki akun PayPal yang bisa digunakan untuk melakukan pembelian game di G2A. Kamu bisa menggunakan alternatif lain, yaitu memanfaatkan jasa pembayaran online di ViaPayPal.id. Caranya pun tak sulit, kamu hanya perlu mengikuti langkah mudah berikut ini:

1. Pastikan kamu sudah di tahap memilih metode pembayaran.

2. Selanjutnya buka situs ViaPayPal

3. Di halaman depan, scroll ke bawah hingga kamu menemukan tombo Whatsapp yang diperuntukkan untuk menghubungi CS melalui WA. Silakan klik tombol tersebut.

4. Kemudian beritahu maksudmu dan total pembelian di G2A.

5. Pihak CS ViaPaypal.id pun akan memberikan informasi mengenai jumlah yang harus kamu bayar yang terdiri dari harga kunci game yang kamu beli, kurs dollar, dan biaya jasa pembayaran.

6. Selanjutnya kamu tinggal mengikuti ikuti instruksi dari CS ViaPayPal.id untuk menyelesaikan proses pembayaran di platform G2A

Mudah kan? Nah ViaPayPal.id sendiri menerima pembayaran melalui transfer antar bank serta e-wallet seperti OVO, GoPay dan Dana sehingga memudahkanmu untuk melakukan pembayaran dengan lebih cepat.

Demikianlah penjelasan kami tentang cara membeli game di G2A tanpa kartu kredit. Setelah membaca tulisan ini, semoga kamu jadi bisa membeli permainan favoritmu dengan harga lebih terjangkau. Selamat mencoba!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image