Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Josephine Athalia

Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Siklus Trend Fashion

Gaya Hidup | 2024-12-12 23:23:18

Sumber : https://images.app.goo.gl/ocrnSv91agMX4DSg9

Media sosial merupakan salah satu faktor utama yang dapat mempengaruhi perubahan fashion di masyarakat. Seiring berjalannya waktu, teknologi akan berkembang semakin canggih khususnya di era Gen Z saat ini. Hampir seluruh aktivitas yang kita lakukan tidak akan jauh jauh dari penggunaan teknologi seperti kebanyakan anak Gen Z sekarang yang mengisi kesehariannya dengan scrolling media sosial.

Salah satu media sosial yang sangat populer dikalangan Gen Z saat ini adalah Tiktok. Tiktok merupakan suatu aplikasi dan platform video musik berasal dari Tiongkok yang dipublish pada tahun 2016 (Masda et al., 2024). Di awal penggunaan Tiktok ini hanya dipergunakan untuk merekam video musik namun saat ini Tiktok tidak hanya digunakan sebagai video musik tetapi juga digunakan sebagai media untuk mengunggah video komedi, tutorial memasak, munculnya trend trend baru seperti trend fashion, dan juga dapat digunakan sebagai E-Commerce atau yang dikenal dengan Tiktok Shop.

Dalam hal ini, Tiktok memberikan pengaruh yang cukup signifikan dalam gaya hidup gen Z saat ini salah satunya adalah trend Fashion. Mungkin kita sebagai Gen Z sudah mengetahui ya.. yang viral saat ini seperti skena outfit, 90’s outfit, coquette dan sebagainya. Umumnya Trend ini dimulai oleh salah satu individu yang merupakan content creator Tiktok dan telah memiliki cukup banyak followers, tetapi content creator ini tidak hanya sekedar mengunggah sebuah video yang menunjukan bahwa dirinya sedang menggunakan suatu pakaian tetapi ia juga menautkan link pakaian yang ia kenakan, sehingga para followersnya memiliki niatan untuk membeli pakaian yang sama dan secara tidak langsung ia akan memberikan pengaruh atau menginspirasi para followersnya untuk menirukan outfit tersebut yang pada akhirnya akan menjadi sebuah trend.

Maka dari itu, siklus trend fashion akan terus berkembang bahkan dapat berulang di beberapa tahun berikutnya yang dipengaruhi seorang individu (content creator) ataupun suatu komunitas. Di lain sisi juga, trend fashion ini dapat memberikan beberapa dampak positif kepada para penjual atau UMKM yang berjualan di Tiktok Shop melalui beberapa fitur yang ada seperti dapat berjualan melalui siaran langsung (Live), menggunakan keranjang kuning dan sebagainya.

Referensi :

Arsita, N. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS), 7(2), 125–131. https://doi.org/10.24967/jmb.v7i2.1390

Masda, Suyuti, N., & Asmurti. (2024). Media sosial tiktok sebagai sumber informasi fashion. 2(2), 140–146.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image