Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bakti Bersama

Hari Santri Mengingatkan Kita Semua

Kisah | 2024-10-22 11:04:56
Sumber Gambar : canva.com

Bakti Bersama - Santri sebutan untuk murid laki-laki dan santriwati sebutan untuk murid perempuan. Biasanya di tengah masyarakat sebutan ini muncul ketika murid tersebut menuntut ilmu di Pondok Pesantren atau di Sekolah Keagamaan. Santri juga identik dengan pakaian muslim dan muslimahnya, selain itu ciri khas lainnya adalah sebagai penghafal alquran. Mereka dididik dengan adab dan ilmu yang berpedoman pada alquran serta sunnah.

Melalui artikel ini dan momentum hari santri, penulis ingin berbagi serta mengingatkan untuk bersama mengambil pelajaran kepada santri penghafal alquran agar kita semua bisa mencontoh dan mendapatkan keutamaan membaca bahkan sampai menjadi penghafal alquran, diantaranya :

1. Mendapatkan kedudukan yang tinggi di surga. Siapa yang tidak ingin masuk ke surga dan dapat kedudukan yang terbaik di sisi Allah ? Tentu kita sebagai muslim sangat berharap untuk mendapatkannya. “Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ditawarkan kepada penghafal alquran, baca dan naiklah ke tingkat berikutnya. Baca dengan tartil sebagaimana dulu kamu mentartilkan alquran ketika di dunia. Karena kedudukanmu di surga setingkat dengan banyaknya ayat yang kamu hafal.” (HR. Abu Daud dan Turmudzi)

2. Ditemani malaikat. Spesialnya penghafal quran dia selalu dibersamai oleh para malaikat. Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Orang yang membaca dan menghafal alquran, dia bersama para malaikat yang mulia. Sementara orang yang membaca alquran, dia berusaha menghafalnya, dan itu menjadi beban baginya, maka dia mendapat dua pahala.”(HR. Bukhari)

3. Alquran memberi syafaat. Dari Abu Umamah al-Bahili radhiyallahu anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Rajinlah membaca alquran, karena dia akan menjadi syafaat bagi penghafalnya di hari kiamat.” (HR. Muslim 1910)

4. Orang Tuanya akan diberi mahkota cahaya di akhirat. “Dari Buraidah radhiyallahu anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang menghafal alquran, mengkaji dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari. Dan kedua orang tuanya akan diberi dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan dunia. Kemudian kedua orang tuanya bertanya, ‘Mengapa saya sampai diberi pakaian semacam ini ?’ Lalu disampaikan kepadanya, ‘Disebabkan anakmu telah mengamalkan alquran.”” (HR. Hakim)

Sungguh keutamaannya yang luar biasa itu senantiasa diperjuangkan oleh para santri penghafal quran bahkan keluarganya yang mendukungnya. Semoga para santri menjadi generasi peradaban yang lebih baik dengan semangat, keberanian dan nilai nilai luhur yang senantiasa dijaga dan diteruskan untuk merengkuh masa depan gemilang yang berkelanjutan. Semoga bagi kita yang membaca artikel ini juga, dapat menjadi semangat baru untuk memulai serta merutinkan baik membaca maupun menghafal quran, bahkan sampai mengamalkan isi alquran dalam keseharian.

Dukung da’i pedalaman bersama Laznas Dewan Dakwah untuk menciptakan generasi peradaban Islam yang lebih baik melalui Program Bantu Hadirkan 10.000 Guru Ngaji : https://www.laznasdewandakwah.or.id/hadirkangurungaji/283?lz=ea00

Sumber : Buku 72 Materi Pengajian Majelis Taklim (hal 7-8)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image