Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rina Harwati

Otomasi Perpustakaan de’ Talenta Lib MTsN 6 Bantul Permudah Layanan Pemustaka

Eduaksi | 2022-02-15 08:50:34

Bantul (MTsN 6 Bantul) - Dalam rangka pengembangan perpustakaan dan pelayanan terhadap pemustaka, perpustakaan de'Talenta Lib MTsN 6 Bantul telah menerapkan otomasi perpustakaan dengan menggunakan sistem aplikasi terbaru yakni slims 9 bulian. Para siswa tampak enjoy dan senang memanfaatkan pelayanan ini, (16/2).

Slim 9 bulian memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan versi slims 8 akasia sebelumnya yaitu penambahan Bahasa Urdu Bahasa Turki, Bahasa Rusia untuk antarmuka dan penambahan tema baru laman admin fitur kopi kataloging dengan protokol mars SR dan masih banyak lagi fitur serta keunggulan terbaru dari slim 90-an yang dapat dirasakan oleh para para pengguna.

Kepala MTsN 6 Bantul, Mafmudah menuturkan bahwa saat ini sistem operasi perpustakaan de’ Talenta Lib sudah semakin canggih dengan adanya aplikasi slims 9 ini. "Pemanfaatan perpustakaan akan lebih efektif dan efisien jika menggunakan otomasi atau layanan berbasis TIK. Hal ini sejalan dengan program unggulan madrasah yakni madrasah digital" ungkap Mafrudah (16/02).

Sistem slims 9 yang digunakan oleh MTsN 6 Bantul ini telah diluncurkan oleh Bupati Bantul setahun yang lalu. Para pemustaka semakin dimudahkan oleh pelayanan perpustakaan dengan memanfaatkan kartu berbarcode. Kartu ini juga bisa dimanfaatkan oleh pemustaka dalam melakukan presensi secara otomatis. Selain itu, pemustaka juga bisa melakukan pencarian dengan menggunakan komputer OPAC (Online Public Access Catalogue) dan menikmati layanan sirkulasi (peminjaman).

Kepala Perpustakaan MTsN 6 Bantul, Ely Widayati terus melakukan inovasi demi kemajuan perpustakaan. “Kami selalu mengonsep perpustakaan yang bisa diakses dari mana saja mengingat musim pandemi seperti sekarang ini cukup membatasi ruang gerak siswa untuk melakukan pinjaman buku secara langsung,” ujarnya.

Sementara itu, siswa MTsN 6 Bantul merasa bangga dengan diterapkannya sistem otomasi ini karena lebih mudah dalam mengakses layanan. “Alhamdulillah, saya bisa meminjam buku dan membaca di perpustakaan ini dengan menggunakan kartu barcode. Saya sangat senang dengan layanan otomasi ini karena bisa dengan cepat menggunakan bahan pustaka yang ada", ujar Shafiyah siswa kelas IX E ini. (ely/rin)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image