Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yuni Puji Lestari

Mahasiswa KKN Tim I UNDIP Sosialisasikan Pembangunan Septic Tank Menuju Sanitasi Aman

Eduaksi | Sunday, 13 Feb 2022, 10:14 WIB

Kabupaten Purworejo (05/02/2022) Tim I KKN UNDIP 2021/2022 melaksanakan sosialisasi kepada warga Kelurahan Mranti mengenai septic tank. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 Februari 2022.

Pemilihan topik ini disebabkan adanya permasalahan yang ada di Kelurahan Mranti terkait dengan jamban yang dimiliki oleh sebagian warga Kelurahan Mranti masih belum dilengkapi dengan septic tank. Jamban yang belum dilengkapi dengan septic tank menjadi permasalahan dikarenakan termasuk buang air besar sembarangan atau Open Deflection Free (ODF)

Booklet Pembangunan Septic Tank Akses Menuju Sanitasi Aman

Tim I KKN UNDIP menjelaskan mengenai pentingnya memiliki septic tank dan dampak bagi kesehatan serta lingkungan apabila tidak memiliki septic tank. Selain itu, dijelaskan juga cara membangun septic tank yang benar dan proses perawatannya.

Sebagian besar warga belum memiliki septic tank disebabkan oleh permasalahan biaya. Hal ini dapat diminimalisir dengan cara pembuatan septic tank komunal yang mana beberapa rumah menggunakan septic tank bersama.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini warga dapat memahami dan melakukan perubahan terhadap sistem jamban untuk meminimalisir dampak yang diakibatkan serta dapat menerapkan jamban sehat di rumah masing-masing, entah setiap rumah satu septic tank atau dapat juga digunakan septic tank bersama.

Penulis : Yuni Puji Lestari
DPL : Dr.Ir.Wiludjeng Roessali, M.Si
Lokasi : Kelurahan Mranti, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image