Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kartika Sari

Parental Burnout, Stres yang Tidak Biasa Saat Mengasuh Anak

Gaya Hidup | Saturday, 05 Feb 2022, 08:36 WIB

Parental burnout bukanlah stres biasa. Kondisi ini terkait kelelahan dan stres saat mengasuh si kecil yang bisa menjadi kronis bila tidak segera mendapat penanganan.

Tak hanya psikologis orangtua, psikologis anak juga dapat ikut terpengaruh bila orangtuanya stres. Berikut penjelasan lengkap seputar parental burnout.

Apa itu parental burnout?

Mengutip dari American Psychological Association (APA), parental burnout adalah kondisi kelelahan yang orangtua rasakan saat mengasuh anak.

Terdapat empat tahapan kondisi kelelahan yang orangtua rasakan saat mengasuh anak, yaitu:

lelah menjalani peran sebagai orangtua,

perbedaan kondisi antara orangtua saat ini dan sebelumnya,

muak menjadi orangtua,

danmenjaga jarak secara emosional dengan anak.

Bila tidak mendapat penanganan yang tepat, kondisi kelelahan ini bisa memicu depresi sampai situasi ibu dan ayah tidak semangat menjalani hari.

Info Selanjutnya >>>>>

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image