3 Alasan Pilihan Investasi Milenial itu Lebih Banyak ke Saham

Image
Dhea Anggraini
Gaya Hidup | Friday, 04 Feb 2022, 11:29 WIB

Generasi milenial kerap dianggap dan distigma boros karena tidak bisa mengelola keuangannya dengan baik dan memilih menghambur-hamburkan untuk belanja online, jalan-jalan, ngafe, makan dan nongkrong di luar, ngopi hingga update gadget kayak "mbak-mbak SCBD".

Kalangan ini pun kerap dicap sebagai generasi “besar pasak daripada tiang” dan tidak punya atensi khusus untuk menabung apalagi investasi. Cap dan tudingan begini berkembang liar dan kian hari menjadi latah tanpa menengok pada fakta.

Padahal, sudah sejak lama generalisasi semacam ini telah dipatahkan dari sejumlah penelitian, semisal studi di kalangan milenial yang dilakukan The Harris Poll. Studi ini menemukan kalau 92% anak muda usia 21-37 tahun ternyata sudah suka menabung, meski baru sepertiganya yang telah melakukan investasi di luar investasi untuk rencana pensiun.

Terkait investasi, temuan dari The Harris Poll juga mengejutkan karena ternyata 30% milenial sudah tahu cara berinvestasi. Temuan ini tentu saja sangat terdukung data yang setiap tahun dikeluarkan KSEI bahwa dari tahun ke tahun kalangan milenial makin mendominasi pasar modal, dengan persentasi pilihan terbanyak pada produk investasi saham.

Pertanyaan menariknya, kenapa milenial demen dengan yang namanya saham? Ada sejumlah fakta menarik yang menyebabkan milenial menyukai saham sehingga dalam beberapa tahun terakhir ini berbondong-bondong memutuskan untuk investasi saham.

1. Pengaruh Influencer

Bukan rahasia lagi di masa pandemi Covid-19 banyak influencer dan publik figur yang getol mempromosikan investasi saham melalui promosi saham-saham tertentu yang akan mendatangkan cuan. Milenial kepincut dengan iming-iming cuan yang diberikan, apalagi sedang pandemi Covid-19 yang membuat milenial memiliki cukup waktu luang karena mau nongkrong atau ngekafe juga pada mikir-mikir. Kendati secara substansi pilihan investasi saham pada saham-saham tertentu yang direkomendasikan masih perlu dianalisis, namun fakta bahwa pengaruh influencer dan publik figur yang membuat milenial masuk investasi saham saat pandemi Covid-19 itu fakta yang tak bisa dipungkiri.

2. Very Easy

Investasi saham tergolong sangat mudah dilakukan di masa pandemi Covid-19. Investasi saham sudah nggak ribet kayak di masa lalu karena sudah serba online berbasis aplikasi, semisal dengan aplikasi IPOT besutan Indo Premier Sekuritas yang sudah memiliki versi untuk pemula atau newbie yakni IPOT EZ. Kemudahan investasi saham yang sudah gampang dengan smartphone di genggaman tangan ini berbanding lurus dengan kebiasaan milenial yang memang nggak bisa terpisahkan dengan yang namanya smartphone. Kemudahan ini didukung dengan fitur-fitur yang mudah dipahami milenial dalam setiap transaksi sahamnya untuk pemaksimalan cuan.

3. Affordable

Daya tarik investasi saham sehingga digandrungi milenial saat pandemi Covid-19 yakni modal awalnya yang sangat terjangkau. Dengan modal awal Rp100.000 saja investasi saham saat ini sudah bisa dimulai dan modal awal itu pun bisa langsung digunakan untuk transaksi saham. Jadi, Rp100.000 itu bukan mengendap karena buka akun untuk investasi saham, tetapi bisa digunakan untuk investasi saham. Dengan begitu, investasi saham itu sebenarnya tidak ada modal awal minimal karena semisal ingin beli saham dengan kisaran Rp100/lembar saham maka hanya dibutuhkan dana sebesar Rp10.000 untuk beli 1 lot. So, investasi saham benar-benar terjangkau dan bukan sekadar slogan semata.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

3 Prinsip Pengelolaan Reksa Dana Syariah

Seluk-Beluk Investasi Saham Syariah

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Pecah Rekor! Pegawai Bapas Lahat Kemenkumahm Sumsel Tembus 7,7 KM

Image

Meriahkan HDKD ke-77, Lapas Sekayu Gelar Fun Bike dan Virtual Run

Image

Aktivitas Gunung Merapi Sepekan: Terjadi Pertumbuhan Kubah Lava Barat Daya

Image

PKKMB Universitas Indonesia 2022, Aditya Yusma: Diplomasi Budaya Cegah Tumbuhnya Paham Radikalisme

Image

Jelang Kesiapan Piala Kasad Liga Santri PSSI Tahun 2022, Kajasdam XII/Tpr Pimpin Technical Meeting

Image

Krisis Berlarut, Partai Baru Punya Peluang Besar Lolos dan Memenangi Pemilu 2024

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image