Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Luita Yusniawati

Pentingnya Ketahui K3 Perkantoran untuk Cegah Potensi Bahaya di Lingkungan Kerja

Info Terkini | Thursday, 03 Feb 2022, 19:50 WIB

Pengetahuan mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) mutlak diperlukan di berbagai sektor baik industry yang mempunyai resiko kerja tinggi maupun untuk pekerja yang bekerja di dalam ruangan.

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) menggelar pelatihan K3 Perkantoran untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) yang dimulai pada Selasa (02/02/22).

Wahyudi Trisnanto, pemimpin pelatihan ini menjelaskan bahwa selama tiga hari peserta yang berasal dari berbagaia satuan kerja di Kementerian ESDM diharapkan mampu menguasai tentang K3 sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan di lingkungan kerja.

“Peserta mampu menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja perkantoran di tempat kerja. Materi di pelatihan ini adalah General Office Safety, Penggunaan Bahan Kimia Hazcom, Ergonomik, Electrical Safety, Emergency Response/Evacuation, Kimia Api, House Keeping, dan APAR,” ungkapnya.

“Dalam kimia api kami menjelaskan tentang teori segitiga api yaitu untuk menjadikan api itu muncul, diperlukan tiga unsur atau elemen yang harus muncul dalam perbandingan yang optimum. Tiga hal tersebut adalah bahan bakar, oksigen, dan panas,” ungkapnya.

Pengajar yang lain, M. Hasyim Pribadi menjelaskan tentang betapa berbahayanya sengatan listrik jika terjadi ketika berada di lingkungan kerja.

“Pada pelatihan ini materi yang diberikan secara mendetail adalah kategori sengatan listrik yang mempunyai perbedaan level dan aksi tubuh. Yang paling berbahaya akibat dari sengatan listrik adalah jantung karena jantung sebagai oragan tubuh yang paling rentan terhadap pengaruh aliran arus listrik dan ada empat Batasan jika kita tersengat listrik. Daerah 1, jantung tidak terpengaruh sama sekali bahkan dalam jangka waktu yang lama. Daerah ke-2 tidak berbahaya, daerah ke-3, berbahaya bagi jantung dan daerah ke-4 bisa berakibat fatal terkena serangan jantung,” paparnya.

Materi – materi yang di atas sangat diperlukan untuk menambah pemahaman tentang potensi bahaya yang mungkin muncul dan bisa menyebabkan bahaya tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga adanya potential loss bagi perusahaan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image