Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fatimah Azzahra

Youth Space dan Potensi Pemuda

Politik | Tuesday, 01 Feb 2022, 09:26 WIB

Oleh: Fatimah Azzahra, S. Pd

Semua yang ada di dunia ini adalah titipan Allah. Semuanya akan dimintai pertanggungjawaban termasuk umur dan masa muda.

Potensi Pemuda

Pemuda adalah masa antara keinginan dan kemampuan bersatu. Pemuda adalah masa penuh potensi. Baik tenaga, idealisme, kreativitas, dan lainnya. Begitu besar potensi pemuda jika digunakan secara optimal.

Sayang, kini banyak pemuda tak menyadari potensinya. Sehingga mereka banyak melakukan hal yang sia-sia. Nongkrong atau kongkow pun membahas hal yang nirfaedah. Lingkaran fun, food dan fashion sudah menjebak para pemuda. Tentu kita tak ingin terus berkelanjutan.

Jangan Cuma Janji Politik

Pemerintah menyadari potensi besar pemuda dan ingin mereka menyalurkan energinya pada kegiatan positif. Maka, salah satu yang ditempuh adalah membangun wadah berkumpul bagi para pemuda, Youth Space namanya.

Tanggal 12 Januari 2022, Kang Yana sebagai Plt. Walikota Bandung meresmikan Youth Space di Antapani. Ia menyampaikan bahwa Youth Space merupakan janjinya dan almarhum Kang Oded bagi pemuda Bandung. Harapannya walau pandemi belum usai semoga pemuda tetap bisa kreatif menelurkan inovasi bagi perkembangan bangsa khususnya bagi Bandung. (infobandung.com, 12/1/2022)

Sudah sejak tahun 2018 rencana pembangunan Youth Space ini disampaikan pada publik melalui Ketua Dinas Pemuda dan Olahraga kota Bandung. (Merdeka.com, 13/12/2018)

Awalnya, akan dibangun 151 Youth Space, tapi dengan berbagai pertimbangan, sampai tahun 2023 hanya ditargetkan 30 lokasi saja. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung, Edy Marwoto berharap dengan dihadirkannya Youth Space di 30 kecamatan Kota Bandung bisa mengembangkan potensi, kapasitas, aktualisasi diri dan cita-cita para pemuda Kota Bandung. (Ayobandung.com, 13/1/2022)

Dari janji politik lahirlah wadah tempat berkumpul para pemuda. Namun, jangan sampai Youth Space ini sekedar penggugur janji politik yang dilontarkan saat kampanye saja. Atau hanya sebagai list bukti tertunaikannya janji yang bisa menjadi daftar kampanye di pemilu yang akan datang. Banyak hal yang harus diperhatikan agar uang rakyat yang digunakan untuk membangun Youth Space ini tidak sia-sia.

Islam dan Pemuda

“Jika dirimu tidak disibukkan dengan hal-hal yang baik, pasti akan disibukkan dengan hal-hal yang batil”, begitulah pesan Ibnu Qayyim rahimahullah. Hendaklah setiap diri disibukkan dengan kebaikan karena kalau tidak berarti ia disibukkan dalam kemaksiatan. Apalagi pemuda yang energinya besar.

Tak sedikit kita dapati pemuda yang gemilang di usia muda karena mengoptimalkan potensi yang ada. Ada Muhammad Al Fatih yang dalam usia muda bisa menaklukan Konstantinopel, ada Imam Syafi'i, Ali bin Abi Thalib, Arqom bin Abi Arqom dan masih banyak lagi. Ya, dari awal Islam diturunkan pemuda berpengaruh besar dalam penyebaran dan penegakkannya.

Kisah pemuda dengan keimanan yang Teguh pun diabadikan dalam al qur'an menjadi satu surah yang senantiasa dibaca saat hari Jum'at oleh kaum muslim, Kahfi. Begitulah islam memandang penting peran pemuda.

Sudah seharusnya kita sebagai muslim pun mencontoh kebaikan yang sudah generasi terdahulu lakukan. Menyibukkan diri dalam amal sholih, termasuk dakwah dengan berbagai wasilah sesuai potensi diri yang Allah titipkan. Berkarya dengan tulisan, desain, media sosial, hingga Islam dan kebaikanlah yang tersebar di tengah masyarakat, mengalahkan maraknya kemaksiatan yang kian diumbar jaman.

Wallahua'lam bish shawab.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image