Nilai Kehidupan dan Pelajaran Yang Bisa Diambil Dari Film Money Heist

Image
padma malikahani
Gaya Hidup | Monday, 31 Jan 2022, 19:55 WIB

Money Heist merupakan film serial Netflix yang laris diminati oleh berbagai negara akhir ini. Film yang berasal dari negara Spanyol ini memiliki jalan cerita yang unik dan menarik, berupa sekelompok pencuri dengan latar belakang berbeda yang dikumpulkan oleh otak penjahat terpintar di dunia yaitu Professor, yang kemudian dibina dalam satu kelas intensif pencurian untuk mempelajari strategi dan merencanakan misi pencurian terbesar dalam sejarah kejahatan di Spanyol diantaranya mencuri uang dari badan percetakan uang spanyol sejumlah 2,4 miliar Euro, dan mencuri simpanan investasi emas terbesar di Spanyol yang disimpan di dalam bank spanyol.

Dalam melaksanakan aksi pencuriannya, mereka mampu memikat polisi Spanyol dengan ciri khas tersendiri yaitu mengenakan jumpsuit merah dan wajah yang tersembuyi di balik topeng Dali. Setiap dari pencuri juga memiliki nama samaran unik dalam mengelabui para polisi yang terdiri dari nama-nama ibu kota negara terhebat di dunia, diantaranya: Tokyo, Lisbon, Berlin, Rio, Denver, Stockhom, Palermo, Nairobi, Helsinki, Bogota, Moscow, Manila, Paplona, dan Oslo.

Film Money Heist tidak sekedar membahas kisah panjang seputar pencurian saja, melainkan jalan cerita yang tidak terduga ini dibungkus dengan penuh gejolak emosi, romantisme, perang, dan adegan aksi yang menegangkan. Sehingga mampu mendominasi pasar entertainment Internasional. Film Money Heist juga telah mendapat banyak penghargaan internasional, salah satunya Emmy Awards 2018 untuk kategori Serial Drama Terbaik. Dan juga memperoleh rating yang tinggi di IMDB sebanyak 8,3 dan 76 persen di Rotten Tomatoes.

Diantara Nilai-nilai yang bisa diambil dari serial Money Heist adalah:

1. Teamwork

Dalam merencanakan sebuah misi, maka dibutuhkan kerja sama tim yang kompak dan keserasian yang tepat agar mampu mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan adanya kerja sama tim yang kompak maka dapat meminimalisir kegagalan yang terjadi dan mempercepat penyelesaian berbagai pekerjaan yang dilakukan.

Film Money Heist sendiri menggambarkan kinerja teamwork, sebagaimana seorang figur Professor yang mampu menciptakan atmosfer kekeluargaan antar anggota, sehingga setiap dari mereka merasa saling dimiliki dan enggan untuk meninggalkan satu sama lain. Dan juga melalui diskusi masif yang dilakukan oleh setiap anggota tim dalam mengambil sebuah keputusan bijak. Dan lagi tergambarkan dalam setiap aksi perang yang mereka lakukan bersama, melalui gerak langkah tim yang rancak sehingga mereka mampu melumpuhkan dan mengelabui banyak target dalam waktu singkat.

2. Mengantisipasi kemungkinan terburuk

Untuk mencapai sebuah orientasi terbaik dari sebuah rencana maka diperlukan persiapan antisipasi terburuk dalam mererealisasikannya. Dengan adanya antisipasi yang matang dapat mempermudah kita untuk mengambil keputusan dengan tepat, dalam kemungkina terburuk sekalipun. Antisipasi dapat memberikan kita peluang dalam setiap kegagalan.

Penerapan antisipasi dalam film Money Heist sendiri tergambarkan dalam ketelitian Professor dalam merencanakan setiap misinya yang dipersiapkan dengan sematang mungkin dan diperkiraan sedetail mungkin pula. Dan juga kesigapan Profesor dalam memperkirakan berbagai hambatan dan antisipasi terburuk melalui keputusan rencana kedua mapupun ketiga. Dan tak lupa ketegasan seorang pemimpin dibutuhkan dalam setiap keputusan dan kehendak antisipasi bertindak.

3. Riset dan Observasi yang matang

Setiap tindakan yang jelas pasti harus diawali dengan riset dan observasi keadaan yang mendalam sebelumnya. Untuk lebih mengenali kondisi dan meminimalisir kemungkinan kendala yang dihadapi, serta untuk mempermudah kelancaran berjalannya sebuah aksi. Apabila suatu tindakan tidak diawali dengan riset yang mendalam, maka akan mengakibatkan kekurangan dalam persiapan dan ketidakmampuan dalam menghadapi hal-hal yang terjadi di luar kemungkinan sebelumnya.

Hal ini juga telah digambarkan oleh Professor dan Berlin sebelum merancang sebuah aksi dan strategi pencurian di Badan Percetakan Uang maupun Bank Spanyol. Riset diperlukan sebagai pencerahan dan pengenalan medan sebelum berperang. Dengan dilakukannya riset dan observasi maka pemetaan misi menjadi semakin jelas, dan skala aksi bisa diperhitungkan dengan rinci dan teliti.

4. Negosiasi

Negosiasi merupakan seni komunikasi yang ideal dan hal terpenting dalam mengambil sebuah keputusan. Dengan adanya negosiasi yang didasarkan atas kemampuan berkomunikasi yang tepat, maka berbagai hal yang diperkirakan tidak mungkin untuk dilakukan dapat diperkirakan dengan sebaik mungkin. Kemampuan bernegosiasi tidak hanya diperlukan dalam merealisasikan sebuah misi, melainkan juga penting untuk dimiliki bagi setiap pebisnis dalam memulai bisnis tahap awalnya dan memperluas relasi perusahaan.

Film Money Heist berhasil merealisasikan aksinya hingga tahap akhir tidak lain dan tidak bukan karena kecerdasan Professor dalam bernegosiasi dengan setiap mitra yang berwenang. Melalui proses negosiasi dapat merubah cara pandang setiap orang secara langsug dan tepat sasaran. Bernegosiasi juga diperlukan untuk merubah cara pandang seseorang dalam menilai suatu objek, dan dengan memiliki kemampuan ini berarti kamu mampu untuk memanfaatkan peluang dengan cara berfikir yang kritis.

5. Pemimpin yang bertanggung jawab

Sosok pemimpin yang baik adalah seorang pemimpin yang mampu bertanggung jawab atas setiap tindakan yang dilakukannya. Dan untuk meramu berbagai ide yang beaneka ragam maka dibutuhkan keputusan yang lugas dari seorang pemimpin, serta dibaluti rasa tanggung jawab dalam pelaksanaanya. Tanggung jawab adalah nadi bagi seorang pemimpin, Dengan terwujudnya sesosok figur pemimpin yang baik maka setiap dari anggota yang di pimpinnya pun tidak segan untuk menghargai setiap pendapat yang dilontarkannya.

Professor juga mewarisi pribadi tersebut, ia mampu untuk bertanggung jawab atas setiap nasib yang diderita setiap anggotanya, dan juga tegas untuk melimpahkan wewenang pimpinan kepada orang terpercayanya dikala kesempatan yang dimiliki mengharuskannya untuk berganti strategi. Tanggung jawab dapat menjadi beban terbesar dalam pundak seorang pemimpin, namun di sisi lain juga menjadi penghargaan tersendiri bagi mereka yang dapat mengemban tanggung jawabnya hingga tahap akhir sebuah misi.

6. Totalitas tanpa batas

Totalitas merupakan kiasan lain dari kata tuntas, yang berarti mengerjakan segala hal hingga selesai. Dengan bekerja totalitas, maka dapat mengurangi beban fikiran dan pekerjaan yang kita rapel di keesokan hari, bekerja totalitas juga dapat meminimalisir diri kita untuk tidak selalu bekerja multitasking dan menghindari terjadinya mental burn-out.

Setiap dari pencuri dalam film Money Heist berhasil di berbagai misinya dengan sukses merupakan buah dari kerja kerasnya yang ia selesaikan tepat sesuai perkiraan. Pekerjaan yang totalitas dilakukan akan membawa kita pada kebahagiaan yang berlimpah. Totalitas juga dapat menjadi penghargaan bagi siapapun untuk merasa konsisten dan mampu menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

saya Padma Malikahani, merupakan mahasiswi di Universitas Darussalam Gontor. menempuh studi dalam Fakultas Syari'ah yang bertepatan dengan Jurusan Per

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Game Online PC Gratis Yang Wajib Kamu Mainkan Sekarang!!

Image

Kemenkumham Jateng Siap Diaudit BPK RI

Image

Masa Berlaku Paspor Kini 10 Tahun, Imigrasi Siapkan Juknisnya

Image

Rutan Boyolali Buka Layanan Konsultasi Bagi WBP

Image

Tingkatkan Keimanan, Lapas Klaten Adakan Kegiatan TPQ dan Pengajian untuk Warga Binaan

Image

Kadivpas Kemenkumham Sumsel Lakukan Monev ke Lapas Sekayu

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image