Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Institut Daarul Quran

Membahas Bahasa Pertama yang Ada di Dunia

Eduaksi | Friday, 28 Jan 2022, 11:26 WIB

Bahasa merupakan suatu kemampuan yang dimilik oleh manusia untuk berkomunikasi dengan manusia yang lain. Perkiraan untuk saat ini jumlah bahasa yang ada di dunia berkisar antara 6.000 sampai 7.000 bahasa.

Namun pernahkah kamu berfikir bahasa apa yang pertama kali digunakan? Hingga kini bahasa yang pertama kali digunakan masih belum bisa diketahui secara pasti. Walaupun begitu ada beberapa teori yang berpendapat bahwa bahasa pertama di dunia adalah salah satu dari ke empat bahasa ini, yaitu Bahasa Arab, Bahasa Ibrani, Bahasa Aram, dan Bahasa Bo. Yuk coba kita bahas satu per satu.

1. Bahasa Bo

Bahasa Bo merupakan bahasa yang digunakan oleh suku Andaman Agung (Great Andamenese) yang merupakan salah satu bahasa pertama di Bumi. Suku ini diperkirakan telah berusia lebih dari 65 ribu tahun lalu. Bahasa Bo sudah terancam punah karena anggota terakhir Suku Andaman telah meninggal dunia pada tahun 2015 silam.

2. Bahasa Aram

Bahasa Aram merupakan bahasa kuno yang digunakan dalam sejumlah teks kitab yang diketahui sejak tahun 1100 SM. Bahasa Aram digunakan orang Aram di Aram Kuno, wilayah Suriah modern sejak Zaman Perunggu, sekitar 3500 SM. Aram juga digunakan di Kekaisaran Babilonia dan Asyur (kini Irak, Suriah, Iran, dan Turki). Bahasa Aram juga masih digunakan hingga saat ini, tapi bentuk bahasanya sudah berbeda dengan yang aslinya.

3. Bahasa Ibrani

Bahasa Ibrani biasa disebut sebagai bahasa percakapan tertua di dunia karena digunakan dalam teks-teks kitab. Sebagai suatu bahasa yang tertua, Bahasa Ibrani sempat tidak digunakan selama kurang lebih 200 tahun sebagai bahasa percakapan, tetapi masih digunakan di literatur, liturgi, kegiatan perdagangan orang-orang Yahudi, dan puisi. Di abad ke-19, para aktivis Yahudi mulai membangkitkan kembali bahasa Ibrani sebagai bahasa percakapan, sehingga digunakan Israel sebagai bahasa resmi pada tahun 1948.

4. Bahasa Arab

Bahasa Arab bisa dianggap sebagai calon nomor satu untuk bahasa pertama di dunia. Jika kita lihat sumber semua bangsa dirunut silsilahnya, maka bisa diketahui bahwa semua bangsa berasal dari Jazirah Arab. Juga termasuk tempat bertemu kembali Nabi Adam Alaihi Salam dengan Siti Hawa betertempat di Jabal Rahmah yang ada di Jazirah Arab.

Bahasa Arab juga masih mempertahankan karakteristik bahasanya mulai dari verbal, morfologi, tata bahasa sampai sastranya.

Jadi bisa diambil kesimpulan, bahasa tertua di dunia hingga saat ini belum bisa ditentukan secara pasti. Namun kemungkinan besar bahasa tertua di dunia adalah bahasa Arab yang digunakan Nabi Adam sebagai manusia pertama untuk generasi manusia saat ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image