Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Ukuran dan Ketentuan Desain Lapangan Futsal, Simak Ulasannya

Olahraga | Monday, 24 Jan 2022, 10:12 WIB

Belakangan ini permainan olahraga futsal, nampaknya sudah banyak peminatnya. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Selain itu, lapangan yang dibutuhkan untuk olahraga futsal ini juga tidak seluas lapangan sepak bola. Jadi, jika seseorang memiliki tanah cukup luas bisa dijadikan lapangan futsal. Hal tersebut menjadi alternatif peluang usaha yang menjanjikan. Berikut penjelasan mengenai desain lapangan futsal:

Ukuran Lapangan Futsal

Desain lapangan futsal terdapat standar ukurang yang berlaku. Lapangan futsal berbentuk persegi Panjang dengan ukurannya yaitu Panjang 25 hingga 42 meter. Sedangkan lebar yang berlaku yaitu berukuran 15 hingga 25 meter. Sedangkan pada standar ukuran futsal internasional yaitu panjang 38 sampai 42 meter. Sedangkan lebarnya yaitu 18 sampai 25 meter persegi. Terdapat pula tanda lapangan yaitu:

● Lapangan futsal ditandai dengan adanya garis pembatas lapangan. Garis tersebut yaitu garis samping atau touch line dan garis gawang atau goal line.

● Ketentuan lebar garis pembatas yaitu 8 centimeter.

● Lapangan futsal dibagi jadi dua yang sama luasnya dengan garis tengah.

● Terdapat titik tengah dengan ditandai titik yang tepat pada tengah-tengah lapangan. Selain itu, terdapat garis melingkar dengan titik pusat berjari-jari 3 meter.

Yang Harus ada di Sebuah Lapangan Futsal

Lapangan futsal memang bukan lagi tempat yang asing bagi masyarakat. Belum lagi, di daerah pedesaan misalnya, sudah memiliki pertandingan 1 lawan 1. Ini penjelasannya:

1. Area Pinalti

Daerah pinalti yang dibuat pada lapangan futsal terdapat beberapa ketentuan. Seperti, terdapat dua garis seperempat lingkaran dengan jari-jari 6 meter. Selain itu setiap satu ujung garis seperempat tersebut menempel pada garis gawang. Kedua ujung dari garis tersebut terdapat garis lurus yang menghubungkannya. Panjangnya yaitu 3,16 meter.

2. Gawang

Desain lapangan futsal tidak terlepas dari ketentuan pembuatan gawang. Penempatan gawang tersebut haruslah ditempatkan di tengah garis gawang yang sudah tersedia. untuk ketentuan lebar gawang tersebut didapat dari pengukuran bagian dalam tiang yaitu 3 meter. Sedangkan tingginya sama juga diukur dari dalam tiang atas gawang yaitu 2 meter ke lantai. Standar bentuk yang diperbolehkan pada bentuk gawang adalah lingkaran dan kotak.

Tetapi, bentuk yang dianjurkan yaitu lingkaran. Hal tersebut dikarenakan lebih aman apabila terkena pantulan bola. Selain itu juga, bentuk penampang lingkaran akan menghasilkan arah yang lebih akurat. Kedalaman gawang adalah 80 centimeter, sedangkan bagian bawah adalah 100 centimeter. Bahan jaring gawang yang digunakan adalah berbahan nilon.

Menentukan Luas lokasi

Terakhir desain lapangan futsal harus disesuaikan dengan standar yang sudah ditentukan. Ukuran umum di Indonesia yaitu 15 sampai 25 meter. Jadi, apabila ukuran tersebut digunakan, maka berikut rincian penambahan luasan yang digunakan:

● Penambahan pada area luar garis lapangan dengan keliling 1 meter yaitu 17 x 27 meter.

● Area sirkulasi service keliling 1,5 meter adalah 20 x 30 meter.

● Area tritisan tampias air hujan keliling 1 meter yaitu 22 x 32 meter.

● Area istirahat, kantin, WC 3 meter yaitu 22 x 35 meter.

● Area parkir 5 meter yaitu 22 x 40 meter.

Itulah tadi penjelasan mengenai desain lapangan futsal yang umumnya di Indonesia. Untuk contoh gambar lapangan futsal bisa dicari di Internet. Agar gambaran ilustrasinya agar lebih jelas.

Selain itu lapangan futsal bisa di lengkapi dengan kantin, outlet penjualan jersey dan parkiran.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image