Ukuran dan Ketentuan Desain Lapangan Futsal, Simak Ulasannya

Image
Drajad Dwi
Olahraga | Monday, 24 Jan 2022, 10:12 WIB

Belakangan ini permainan olahraga futsal, nampaknya sudah banyak peminatnya. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Selain itu, lapangan yang dibutuhkan untuk olahraga futsal ini juga tidak seluas lapangan sepak bola. Jadi, jika seseorang memiliki tanah cukup luas bisa dijadikan lapangan futsal. Hal tersebut menjadi alternatif peluang usaha yang menjanjikan. Berikut penjelasan mengenai desain lapangan futsal:

Ukuran Lapangan Futsal

Desain lapangan futsal terdapat standar ukurang yang berlaku. Lapangan futsal berbentuk persegi Panjang dengan ukurannya yaitu Panjang 25 hingga 42 meter. Sedangkan lebar yang berlaku yaitu berukuran 15 hingga 25 meter. Sedangkan pada standar ukuran futsal internasional yaitu panjang 38 sampai 42 meter. Sedangkan lebarnya yaitu 18 sampai 25 meter persegi. Terdapat pula tanda lapangan yaitu:

● Lapangan futsal ditandai dengan adanya garis pembatas lapangan. Garis tersebut yaitu garis samping atau touch line dan garis gawang atau goal line.

● Ketentuan lebar garis pembatas yaitu 8 centimeter.

● Lapangan futsal dibagi jadi dua yang sama luasnya dengan garis tengah.

● Terdapat titik tengah dengan ditandai titik yang tepat pada tengah-tengah lapangan. Selain itu, terdapat garis melingkar dengan titik pusat berjari-jari 3 meter.

Yang Harus ada di Sebuah Lapangan Futsal

Lapangan futsal memang bukan lagi tempat yang asing bagi masyarakat. Belum lagi, di daerah pedesaan misalnya, sudah memiliki pertandingan 1 lawan 1. Ini penjelasannya:

1. Area Pinalti

Daerah pinalti yang dibuat pada lapangan futsal terdapat beberapa ketentuan. Seperti, terdapat dua garis seperempat lingkaran dengan jari-jari 6 meter. Selain itu setiap satu ujung garis seperempat tersebut menempel pada garis gawang. Kedua ujung dari garis tersebut terdapat garis lurus yang menghubungkannya. Panjangnya yaitu 3,16 meter.

2. Gawang

Desain lapangan futsal tidak terlepas dari ketentuan pembuatan gawang. Penempatan gawang tersebut haruslah ditempatkan di tengah garis gawang yang sudah tersedia. untuk ketentuan lebar gawang tersebut didapat dari pengukuran bagian dalam tiang yaitu 3 meter. Sedangkan tingginya sama juga diukur dari dalam tiang atas gawang yaitu 2 meter ke lantai. Standar bentuk yang diperbolehkan pada bentuk gawang adalah lingkaran dan kotak.

Tetapi, bentuk yang dianjurkan yaitu lingkaran. Hal tersebut dikarenakan lebih aman apabila terkena pantulan bola. Selain itu juga, bentuk penampang lingkaran akan menghasilkan arah yang lebih akurat. Kedalaman gawang adalah 80 centimeter, sedangkan bagian bawah adalah 100 centimeter. Bahan jaring gawang yang digunakan adalah berbahan nilon.

Menentukan Luas lokasi

Terakhir desain lapangan futsal harus disesuaikan dengan standar yang sudah ditentukan. Ukuran umum di Indonesia yaitu 15 sampai 25 meter. Jadi, apabila ukuran tersebut digunakan, maka berikut rincian penambahan luasan yang digunakan:

● Penambahan pada area luar garis lapangan dengan keliling 1 meter yaitu 17 x 27 meter.

● Area sirkulasi service keliling 1,5 meter adalah 20 x 30 meter.

● Area tritisan tampias air hujan keliling 1 meter yaitu 22 x 32 meter.

● Area istirahat, kantin, WC 3 meter yaitu 22 x 35 meter.

● Area parkir 5 meter yaitu 22 x 40 meter.

Itulah tadi penjelasan mengenai desain lapangan futsal yang umumnya di Indonesia. Untuk contoh gambar lapangan futsal bisa dicari di Internet. Agar gambaran ilustrasinya agar lebih jelas.

Selain itu lapangan futsal bisa di lengkapi dengan kantin, outlet penjualan jersey dan parkiran.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seorang Blogger yang menyukai dunia bisnis dan internet marketing

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

MP3 Juice Downloader Lagu Mp3 Tanpa Aplikasi Super Cepat Dan Praktis

Image

Ukuran Foto 2R, 3R, 4R, 5R, … 30R Berapa CM, MM, dan Inci

Image

Y2mate Downloader Video YouTube Tercepat 2022

Image

GB WhatsApp Pro Apk V17.50 Download Terbaru 2022

Image

Mancestercity juara liga inggris 2021/2022, inilah H2h jalanya pertandingan

Image

Belum Mantap di MotoGP 2022, Marc Marquez Menyalahkan Motor Lagi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image