Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bakti Bersama

Tips Tetap Produktif Saat Berpuasa Sunnah

Gaya Hidup | Thursday, 26 Sep 2024, 10:33 WIB
Sumber Gambar : canva.com

Mau puasa sunnah tapi masih sering mengeluh lapar, seringnya perut juga sakit, terus nggak bisa nahan haus, badan jadi lemas, aktivitas jadi terhambat. Kata siapa begitu ? Sahabat, kebiasaan dan kondisi setiap manusia itu berbeda.

Tentu hal hal yang diawal disebutkan mungkin saja memang benar adanya. Perlu diketahui, puasa sunnah adalah puasa yang dianjurkan dalam agama Islam tetapi tidak diwajibkan, artinya jika dilakukan mendapatkan pahala, namun jika tidak dilakukan tidak berdosa. Puasa ini memiliki banyak manfaat, baik secara spiritual maupun fisik.

Melalui artikel ini semoga bisa menjadi penetralisir untuk memulai atau menguatkan dalam melakukan puasa sunnah. Berikut tips tetap produktif saat berpuasa sunnah, diantaranya :

1. Tentukan niat dan tetapkan tujuan
Memulai dengan niat yang baik dan ikhlas untuk mendapatkan ridha Allah akan memberikan dorongan spiritual yang kuat. Dengan menetapkan tujuan yang jelas juga diperlukan untuk menjadi motivasi tambahan untuk tetap produktif,seperti meningkatkan kedisplinan.

2. Menjaga pola makan saat sahur dan berbuka
Pola makan saat sahur dan berbuka, kosumsilah makanan yang bergizi kaya serat ,protein yang seimbang dan cukup. Hindari makanan yang terlalu manis atau berminyak yang bisa menyebabkan rasa lelah. Minum cukup air saat sahur dan berbuka agar tidak menyebabkan dehidrasi dan hindari minuman berkafein.

3. Atur jadwal kerja dan ibadah dengan bijak
Mengatur jadwal harian mulai dari kerja dan ibadah dengan bijak menjadi salah satu strategi agar tetap produktif lho. Dikarenakan sepanjang waktu berputar di hari itu sudah ada jadwal kegiatan, sehingga sangat meminimalisir hal hal yang tidak terarah.

4. Istirahat singkat di tengah hari
Jika memungkinkan, luangkan waktu istirahat singkat selama 10-20 menit setelah Dzuhur. Ini akan membantu menyegarkan tubuh dan pikiran serta memulihkan energi untuk melanjutkan aktivitas hingga waktunya berbuka.

5. Tetap aktif dan berolahraga ringan
Olahraga ringan seperti jalan kaki atau stretching setelah waktu berbuja dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga stamina. Hindari aktivitas fisik yang terlalu berat.

6. Sedekah Subuh
Awali aktivitas dengan mengucapkan syukur, karena dipertemukan kembali dengan hari yang baru. Dilengkapi dengan sedekah subuh dan berdo’a, karena momentum di keutamaan sedekah subuh yang luar biasa. Akan ada malaikat juga yang mendo’akan. Sedekah Subuh Sekarang, Berkah Produktif Kemudian.

Semoga bisa diterapkan dalam keseharian dan dimudahkan untuk mendapatkan tujuan yang sahabat harapkan ya :)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image