Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image mugiyono ruswadinata

Hikmah Maulid Nabi SAW

Guru Menulis | 2024-09-16 11:18:49

Kisah tentang perjalanan Rasul Saw, yang dikabarkan dalam sirah nabawiyah seharusnya menjadi bacaan wajib bagi semua orang yang beriman. Karena sesungguhnya, tidak ada contoh teladan terbaik yang peri kehidupannya secara lengkap dapat dicontoh kecuali kehidupan Rasul Saw, penutup para nabi dan rasul, penyempurna risalah yang diturunkan untuk seluruh umat manusia.

Cahaya yang dibawa sering kelahiran Rasul SAW, akan menjadi penerang yang sesungguhnya saat peri kehidupan beliau kita jadikan tuntunan hidup yang kita amalkan dalam keseharian. Mulai dari bangun tidur hingga kemudian tidur kembali, Rasul SAW mencontohkan dengan sangat detail, agar kita tergerak untuk meneladaninya.

Rasul Saw, adalah insan kamil yang perannya dalam setiap lini kehidupan, dapat dijadikan pedoman hidup. Dalam ruang lingkup privat baik sebagai suami, sebagai orang tua, sebagai teman dan sahabat, sebagai tetangga, ataupun dalam ruang publik mulai dari pemimpin masyarakat, panglima perang, pemimpin negara, semua dijalankan dengan mewariskan berbagai hikmah untuk dipelajari dan diikuti.

Maulid Nabi SAW, seharusnya menjadi momentum untuk menapaki jalan hidup manusia terbaik sepanjang zaman. Keberperanannya, sudah selayaknya menjadi kajian sekaligus renungan setiap muslim untuk selanjutnya menjadi model pengamalan dalam keseharian kita.

Menghadapi perubahan zaman yang penuh ketidakpastian seperti saat ini, kita semua membutuhkan role model yang ajeg dan istiqomah berada dalam jalan yang lurus, karena seringkali arus perubahannya menggoda kita untuk berbelok arah menjauhi tujuan hidup sebenarnya. Secara alamiah, manusia membutuhkan pedoman agar tidak tersesat tak tentu arah, dan Allah SWT telah menciptakan kompas berjalan, melalui Quran yang diterjemahkan dalam perilaku keseharian Rasul SAW.

Maulid Nabi SAW, tidak boleh hanya dijadikan ritual pengagungan tanpa menyelami makna sesungguhnya dari kehadiran beliau di muka bumi, yang lain tidak lain tidak bukan adalah penyempurna akhlak manusia. Hikmah terbaik dari kelahiran manusia terbaik ini adalah memberikan penerang di tengah kegelapan dunia yang dipenuhi hawa nafsu manusia, dan hasrat syaitan untuk menjerumuskan manusia ke lembah keburukan bernama jahanam.

Salah satu lesson learn penting dari momentum peringatan kelahiran Rasul SAW adalah sikap beliau yang senantiasa menghiasi perannya dalam semua lini kehidupan dengan satu kata kunci, yakni kebermanfaatan. Kehadiran beliau senantiasa ditunggu karena menghadirkan solusi yang meneduhkan, baik dalam ruang privat maupun publik. Rasul SAW menjadi living quran, saat menerjemahkan kalimat bahwa iman harus disertai dengan amal, seperti halnya amal hanya akan menjadi sia-sia tanpa iman.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image