Seputar Bisnis Kolam Pemancingan Ikan, Apa Saja? Simak Ulasannya!

Image
Drajad Dwi
Bisnis | Sunday, 23 Jan 2022, 13:40 WIB

Bisnis kolam pemancingan memiliki banyak peluang. Terlebih, memancing menjadi salah satu hobi dari banyak orang mulai dari kalangan muda hingga tua. Tentu saja hal ini menjadi suatu potensi peluang usaha yang bisa dimanfaatkan dengan baik agar menghasilkan keuntungan yang banyak.

Meski begitu, untuk bisa membuka usaha ini ada sejumlah modal yang dipersiapkan. Mengingat, bisnis ini tak hanya butuh alat yang sederhana. Tetapi juga dibutuhkan, lahan yang luas, ikan, tempat duduk serta lainnya.

1. Pembuatan Kolam Ikan

Sebenarnya, kolam ikan yang digunakan dalam pemancingan memiliki ukuran yang cukup beragam. Namun, dalam contoh ini Anda bisa membuat kolam berukuran 6 meter x 16 meter.

2. Bibit Ikan

Tak lengkap rasanya jika bisnis kolam pemancingan tanpa harus menyiapkan ikannya sekaligus. Kolam pemancingan harus diisi juga dengan ikannya juga. Ada berbagai jenis ikan yang bisa dipergunakan untuk mengisi kolam.

Namun, ada jenis-jenis tertentu yang biasa digunakan antara lain ikan bawal,ikan nila, ikan gurame ataupun ikan mas. Ikan-ikan tersebut memang banyak ditemui di kolam pemancingan.

3. Kolam Tambahan

Biasanya, dalam bisni ini tidak hanya ada kolam utama yang digunakan sebagai pemancingan. Tetapi juga disiapkan kolam tambahan untuk pemancingan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bila pengunjung mulai membludak.

Kolam tambahan ii juga diperlukan agar para pemancing merasa lebih nyaman bila hendak melakukan aktivitas memancing. Kolam tambahan ini punya ukuran yang beragam, namun dalam contoh ini akan membuat perkiraan biaya untuk ukuran 17 meter.

4. Sarana dan Prasarana Pemancingan

Selanjutnya yakni terkait sarana dan prasarana kolam pemancingan. Tak lengkap rasanya bila bisnis pemancingan tidak dilengkapi sarana pendukung.

Sarana dan prasarana yang dimaksudkan ini juga termasuk bangunan yang ada di usaha pemancingan tersebut.

Ada pula tambahan seperti tempat duduk, toilet ataupun sarana lainnya untuk penunjang dan fasilitas kolam pemancingan. Hal ini sangat penting keberadaannya dan perlu diperhatikan. Dengan begitu pun, para pelanggan akan merasa lebih nyaman saat melakukan aktivitas memancingnya.

5. Pegawai

Usaha pemancingan juga butuh pegawai yang bertugas untuk mengatur dan merawat kolam pemancingan tersebut. Untuk itu, biayanya juga harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Dalam hal ini, setidaknya butuh tiga orang pegawai yang melakukan tugas tersebut.

Nah, itulah beberapa hal ketika hendak membuka bisnis kolam pemancingan. Ada sejumlah biaya yang harus dikeluarkan di awal dan biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

Sumber: Bisniz.id

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seorang Blogger yang menyukai dunia bisnis dan internet marketing

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Rutan Prabumulih Kemenkumham Sumsel Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022

Image

Rekomendasi Jasa Tukang Taman Surabaya Timur Terbaik

Image

Rutan Mamuju Laksanakan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke - 114 Tahun 2022

Image

Ini Dia Pintu Geser Ala Jepang Yang Minimalis Desainnya

Image

SMAN 34 Jakarta, Sekolah Berbasis Etika Lingkungan dan Environmental

Image

Rekomendasi Tempat Promosi Bisnis Online

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image