Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Abban Said

Pembiasaan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun) di MAN 3 Bantul dalam Upaya Penanaman Karakte

Pendidikan dan Literasi | Thursday, 12 Sep 2024, 07:41 WIB

Pendidikan karakter yang menekankan pada berbagai dimensi dalam proses pembentukan pribadi, diharapkan mampu membendung berbagai kemungkinan-kemungkinan negatif yang secara perlahan akan menghilangkan budaya bangasa ini. Dengan pendidikan karakter diharapkan generasi muda tidak hanya cerdas terampil dalam pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga memiliki nilai luhur yang tercermin dalam sikapnya.

Menyadari hal itu, MAN 3 Bantul selaku satuan pendidikan berusaha mewujudkannya. Setiap pagi pada hari belajar para guru, karyawan, dan siswa yang tergabung dalam kepengurusan OSIM berdiri di depan pintu gerbang untuk menyambut siswa yang datang ke madrasah.

Dengan senyum, salam, sapa, sopan, dan santun para siswa disambut dengan keramahan. Seperti pada Kamis (12/09/2024) guru, karyawan, dan siswa memberi sambutan hangat kepada peserta didik yang memasuki gerbang madrasah.

Sambutan dari guru memberikan teladan bagi siswa. Siswa melihat langsung contoh yang baik dari guru. Guru tidak hanya memberikan teori tentang karakter yang baik tetapi langsung mencontohkannya di hadapan siswa. Pembiasaan seperti itu akan menanamkan pendidikan karakter bagi generasi penerus bangsa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image