Tetap Sehat Di Masa Adaptasi Covid 19?

Image
Tria Ayu Fatmawati
Gaya Hidup | Saturday, 22 Jan 2022, 20:13 WIB

Dampak dari Covid-19 sangat terasa dan telah meluluhlantahkan dimensi kesehatan, dimensi kemanusiaan, dimensi sosial dan ekonomi. Selain itu, Covid-19 juga membuat masyarakat menjadi panik dan takut.

Pandemi Covid-19 merupakan masa yang penuh dengan ketidakpastian. Kasus yang terus meningkat setiap harinya, menjadikan semua orang takut untuk keluar rumah. Hal ini menyebabakan mereka menghabiskan waktu di dalam rumah yang dapat membuat mental tertekan. Adaptasi kebiasaan baru merupakan langkah penyesuaian untuk kehidupan yang lebih baik.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental. Dilansir dari Mens Health, Mike Hansen, MD, dokter spesialis paru-paru mengungkapkan bahwa perubahan berbagai aspek kehidupan yang dialami pada masa pandemic menimbulkan masalah mental dan emosional. Menurutnya terdapat beberapa cara untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan mental.

1. Berolahraga

Mike mengungkapkan bahwa olahraga ketahanan dan kardio sangat membantu dalam menurunkan gejala depresif. Menurutnya olahraga dengan intensitas rendah dan sedang dapat meningkatkan mood serta semangat, dan olahraga berat yang dilakukan secara berlebihan dapat membuat ketegangan dan kelelahan.

2. Menjaga pola makan

Makanan sehat adalah hal penting untuk dikonsumsi terutama pada saat masa pandemi. Dengan makan makanan yang tepat dalam membantu kesehatan mental terjaga.

3. Tidur dengan cukup

Tidur dengan cukup dapat membantu untuk menjaga kebugaran sekaligus kesehatan mental. dr. Hensen merekomendasikan untuk mengurangi waktu di depan layer sebelum tidur. Selain itu penting untuk menenagkan jiwa dengan melakukan meditasi, Teknik pernapasan tertentu, olahraga, maupun yoga. Hal ini dapat membantu untuk lebih mudah tertidur.

4. Pergi ke luar rumah

Pergi keluar rumah ke tempat yang dekat dengan alam bisa membuatmmu merasa tenang, dan membuat pikiran menjadi positif. Hal ini juga dapat mengurangi rasa cemas dan depresi.

5. Membiasakan diri untuk selalu berpikiran positif

Berpikir positif sangat penting apalagi dimasa pandemic yang serba tidak pasti. Hal ini dapat membuat lebih bahagia dan mudah dalam menjalani kehidupan. Tak lupa untuk selalu bertawakal kepada Allah dengan selalu menaati protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah. Hal ini seperti dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW mengatakan kepada sahabat: "Ikatlah untamu, baru kemudian engkau bertawakal kepada Allah.”

Perjuangan melawan virus Covid-19 belum diketahui kapan akan berakhir. Layaknya peperangan pada zaman Rasulullah dan para sahabat saat itu, mereka selalu memakai baju zirah (baju besi) sebagai bentuk kesiapan dan kesiagaan menghadapi serangan musuh. Rasulullah dan para sahabat tidak tawakal buta dengan menyerahkan nasibnya pada kata tawakal tanpa usaha maksimal. Mereka berusaha maksimal baru kemudian bertawakal.

Sumber : fimela.com

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

5 Destinasi Wajib Dikunjungi Saat Pariwisata Pulih

Image

Bapas Kelas II Musi Rawas Utara Gelar Pelatihan FMD

Image

YTMP3: Download YouTube Jadi MP3 Converter Terbaik 2022

Image

Jadwal Balapan MotoGP Italia 2022 Pekan Nanti, Ada Free Practice, Kualifikasi, Hingga Race

Image

GB Whatsapp Pro Apk Terkini Tempelkan Link Download (GB WA) Di HP Android

Image

Download YouTube MP4 to MP3 Paling Populer di Y2Mate

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image