Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image aldy alfajri

Bubur Tinutuan, Makanan Ikonik Khas Sulawesi Utara

Kuliner | Friday, 23 Aug 2024, 21:29 WIB

Tinutuan merupakan makanan khas masyarakat Sulawesi Utara yang umumnya disantap diwaktu pagi atau sarapan. Meski berasal dari Sulawesi Utara yakni Manado, Kalian bisa menjumpai makanan ini di provinsi lainnya seperti makassar, Gorontalo DLL.

Dalam bahasa Manado, Tinutuan memiliki makna yaitu campur aduk. Hal tersebut karena tinutuan terbuat dari beberapa aneka sayuran di dalamnya serta dikombinasikan dengan bubur sehingga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi serta kaya karbohidrat dan serat.

Tak seperti bubur yang dijajakan pada umumnya dengan beras sebagai bahan pokok. Tetapi bubur tinutuan merupakan campuran dari berbagai sayuran seperti labu kuning, bayam, kangkung, daun gedi, kemangi, singkong dan beras. Dan untuk penyajiannya sendiri dapat ditemani dengan sajian pendamping lainnya seperti ikan asin, sambal terasi, cakalang fufu, perkedel jagung dan sajian pendamping lainnya.

Dan pada tahun 2004 atau pertengahan 2005, pemerintah kota manado melalui dinas pariwisata setempat menjadikan Bubur tinutuan sebagai ikonik kuliner di Sulawesi Utara tepatmya di Manado. Serta kawasan Wakeke, kecamatan Wenang, Kota Manado sebagai lokasi wisata makanan Tinutuan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image