Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Randi

Apa itu Backlink Natural Pengertian dan Cara Mendapatkannya

Teknologi | Saturday, 22 Jan 2022, 10:53 WIB

SEO adalah bidang yang selalu mengalami perkembangan, dan sebagai seorang yang tertarik atau bahkan bekerja dalam industri SEO, tentu Anda sering mendengar beberapa istilah baru, salah satunya backlink natural. Istilah ini memang sempat menjadi perbincangan hangat pada tahun 2021 kemarin. Lalu sebenarnya apa itu backlink natural dan bagaimana cara mendapatkannya?

Apa itu Backlink?

Dilansir dari divedigital.id Backlink merupakan sebuah tautan yang diberikan oleh website kepada website lain yang menjadi salah satu rangking faktor yang digunakan Google untuk menentukan kualitas sebuah website. Jika diklasifikasikan kedalam tag yang digunakan, backlink memiliki beberapa jenis dimulai dari backlink doffolow, backlink noffolow, backlink ugc, dan juga backlink sponsored.

Karena backlink merupakan salah satu faktor rangking di SERP, kemudian para pemilik website memiliki beberapa ide untuk mendapatkan backlink, dimulai dari melakukan guest post, bertukar link, sampai dengan membelinya. Sejak ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan backlink, kemudian munculah istilah backlink natural.

Apa itu Backlink Natural

Apa itu backlink natural? Backlink natural adalah sebuah backlink yang didapat secara organic dimana orang-orang memberikan backlink kepada website tersebut karena memang website tersebut berkualitas. Dan tentu saja, sudah pasti backlink yang seperti ini memiliki kualitas dan efek yang sangat baik untuk optimasi SEO.

Seperti yang kita tahu Google memiliki banyak sekali algoritma dalam mesin pencarinya, bahkan algoritma-algoritma ini selalu dilakukan pembaruan. Salah satu algoritma yang digunakan untuk memberikan pinalty kepada spam backlink adalah pengiun. Jika website Anda berhasil mendapatkan backlink yang berkualitas, tentu saja optimasi SEO akan berjalan dengan sangat lancar.

Cara Mendapatkan Backlink Natural

Jika boleh jujur, cara mendapatan backlink natural ini bukanlah hal yang lazim digunakan oleh para SEO Spesialist. Meskipun Google melarang membeli backlink, hampir sebagian besar paktisi SEO bekerja sama dengan jasa backlink untuk meningkatkan rangking website mereka di Google.

Tapi meskipun Anda sudah membeli ataupun melakukan strategi guest post, pemahaman tentang cara mendapatkan backlink yang natural ini tetap penting untuk kita ketahui. Dengan begitu kita bisa memaksimalkan potensi website kita untuk mendapatkan backlink natural selain melakukan strategi backlink lainnya. Dan berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan backlink natural.

Fokus pada Konten adalah Kunci

Dari beberapa pengalaman penulis ketika mengelola sebuah website, satu hal yang benar-benar bisa mendapatkan backlink secara alami, dalam hal ini kita sebuah sebagai backlink natural adalah konten yang bagus.

Konten yang bagus ini sebenarnya mirip dengan gulingan bola salju, maksudnya tidak hanya mendapatkan banyak backlink natural, melalui konten yang berkualitas kita juga bisa mendapatkan rangking atas dengan mudah. Jadi jika kamu sudah membuat konten yang berkualitas, itu ada kemungkinan kamu sudah tidak membutuhkan backlink.

Namun kita juga harus jujur, dalam beberapa kasus website yang menghadirkan konten berkualitas masih kalah dengan website lain yang memiliki nama brand yang besar dan backlink yang banyak. Tetapi setidaknya, jika Anda membangun backlink dari nol, kualitas konten akan menyumbang beberapa persen untuk kesuksesan website Anda.

Ada beberapa jenis konten yang sangat mudah mendapatkan backlink, beberapa jenis konten tersebut adalah:

· Infografis.

· Konten dengan pembahasan yang mendalam.

· Data riset.

Dari tiga jenis konten tersebut, data riset lah yang menyumbang backlink alami terbanyak.

Melakukan Press Conference

Selain memaksimalkan konten, cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan backlink yang natural adalah dengan melakukan press conference dengan mengundang beberapa penulis, blogger, dan media-media online lainnya untuk membahas terkait produk yang Anda jual. Ketika blogger ataupun media online mula mereview produk Anda, sudah pasti Anda akan mendapatkan banyak backlink.

Kalaupun mereka tidak memberikan tautan aktif, hanya berupa tulisan contoh (divedigital.id) hal semacam ini juga sudah memberikan signal yang bagus untuk optimasi SEO.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas memang sulit, namun jika Anda berhasil, sudah pasti optimasi SEO akan berjalan sangat mulus dengan biaya yang sangat rendah. Namun jika hal ini terlalu sulit, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan strategi lain seperti guest post atau bekerjasama dengan penyedia jasa backlink untuk membantu meningkatkan peringkat situs Anda. Saran dari penulis, lakukan hal ini dengan sangat harti-hati.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image