Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bagir Musthofa

Manfaat Tidak Tidur di Waktu Pagi

Edukasi | Monday, 22 Jul 2024, 12:28 WIB

Tidur di pagi hari karena begadang semalaman sudah pasti membuat waktu tidur berkurang. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan pada tubuh. dalam agama Islam juga dianjurkan untuk tidak tidur setelah melakukan sholat subuh, sebagaimana sabda nabi mu muhammad SAW "Seusai salat fajar (Subuh), janganlah kamu tidur sehingga melalaikan kamu untuk mencari rezeki.” (HR. Thabrani)

Tidak tidur di pagi hari memiliki beberapa manfaat yang didukung oleh sains dan agama Islam. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

Manfaat Menurut Sains

Sinkronisasi dengan Ritme Biologis Tubuh:

Bangun pagi membantu sinkronisasi tubuh dengan ritme sirkadian internal, yang dapat menjaga keseimbangan hormon dan meningkatkan kualitas tidur. Tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dan meningkatkan kualitas tidur, yang pada gilirannya dapat mendukung kesehatan fisik dan mental.

Peningkatan Kualitas Tidur:

Orang yang bangun pagi cenderung memiliki pola tidur yang lebih baik dan lebih teratur dibandingkan dengan mereka yang tidur lebih larut. Kualitas tidur yang baik memiliki dampak positif pada kesehatan mental, kemampuan konsentrasi, dan tingkat energi sepanjang hari.

Eksposur Matahari Pagi:

Eksposur terhadap sinar matahari pada pagi hari memainkan peran penting dalam mengatur ritme sirkadian. Cahaya matahari pagi membantu meningkatkan produksi hormon serotonin, yang dapat meningkatkan suasana hati dan membantu mengurangi risiko gangguan tidur. Selain itu, paparan sinar matahari pagi juga membantu memicu produksi vitamin D yang esensial untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh.

Peningkatan Produktivitas:

Bangun pagi dikaitkan dengan peningkatan produktivitas. Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Texas menemukan bahwa mahasiswa yang terbiasa bangun pagi memiliki rata-rata nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidur lebih larut.

Manfaat Menurut Agama Islam

Meningkatkan Ibadah:

Hadits menekankan pentingnya memperbanyak ibadah di pagi hari, yang lebih baik daripada tidur lagi. Rasulullah SAW mendoakan umatnya agar mendapatkan berkah dari Allah SWT di waktu pagi. Hadist lain juga menekankan pentingnya memperbanyak ibadah di pagi hari, yang lebih baik daripada tidur lagi.

Meningkatkan Kesehatan Tubuh:

Bangun pagi dan tidak tidur setelah subuh dapat meningkatkan kesehatan tubuh melalui aktivitas fisik seperti berjalan atau berlari pagi, yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

Mengurangi Stres dan Meningkatkan Suasana Hati:

Bangun pagi memberikan waktu untuk diri sendiri, yang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.

Meningkatkan Disiplin Diri:

Kebiasaan bangun pagi dan tidak tidur setelah subuh dapat membantu mengembangkan disiplin diri yang kuat, yang dapat membantu mencapai tujuan hidup.

Kesimpulan

Tidak tidur di pagi hari memiliki manfaat yang signifikan untuk kesehatan, produktivitas, dan ibadah. Sains menunjukkan bahwa bangun pagi dapat membantu sinkronisasi ritme biologis, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan produktivitas. Sementara itu, agama Islam menekankan pentingnya memperbanyak ibadah di pagi hari dan menghindari tidur setelah subuh.

Ahmad Bagir

uimsya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image