Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image IVIANKA REVA AMANDA

Tantangan Kesehatan Mental: Pengaruh Media Sosial Terhadap Generasi Digital

Eduaksi | 2024-07-14 16:30:37
Ilustrasi Pengguna Media Sosial. Sumber gambar: Canva/diolah pribadi

Perkembangan teknologi dari waktu ke waktu menciptakan perubahan besar yang dirasakan terapannya untuk memudahkan manusia dalam menjalani aktivitasnya. Media sosial merupakan bentuk perkembangan teknologi yang saat ini digunakan secara masif. Media sosial digunakan untuk memudahkan seseorang berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain seperti mengirimkan dan menerima pesan, mengekspresikan perasaan, membagikan pengalaman, serta menjadi sumber informasi untuk mengetahui peristiwa apa saja yang sedang terjadi di dunia.

Ilustrasi Terkena Gangguan Kesehatan Mental. Sumber gambar: Canva/diolah pribadi

Namun, dibalik keunggulan yang ditawarkan oleh media sosial. Media sosial juga dapat memberikan dampak negatif apabila individu tidak menggunakannya dengan benar. Konten-konten di media sosial yang tidak difilterisasi akan menimbulkan permasalahan bagi individu yang mengalaminya. Salah satu akibatnya adalah gangguan kesehatan mental. Terdapat beberapa alasan mengapa media sosial dapat menjadi sumber tantangan bagi kesehatan mental individu yaitu :

1. Individu merasa tidak puas dan terus membandingkan dirinya dengan pencapaian orang lain sehingga membuat individu menetapkan standar yang tidak realistis bagi dirinya sendiri.

2. Adanya rasa kesepian yang menghantui individu sehingga mereka lebih memilih untuk menghabiskan waktunya bermain media sosial.

3. Adanya dorongan untuk memamerkan dan menampilkan kehidupan yang sempurna dan tidak ada cela.

4. Ada rasa takut tertinggal dengan tren yang ada atau Fear of Missing Out.

5. Media sosial juga dapat menjadi tempat bagi individu mengalami pelecehan, intimidasi, atau cyberbullying. Hal ini dapat membuat individu yang mengalaminya terkena gangguan kesehatan mental karena apa yang diterimanya akan mempengaruhi bagaimana individu melihat dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya.

6. Adiksi media sosial, menyebakan individu sulit untuk membatasi waktunya menggunakan media sosial.

7. Media sosial juga berdampak pada pengurangan interaksi sosial secara langsung sehingga dapat menyebabkan perubahan etika berkomunikasi dengan orang lain.

8. Penggunaan media sosial yang tidak terfilterisasi juga dapat memberikan paparan buruk bagi pengguna seperti pornografi, kekerasan, atau perilaku berisiko lainnya.

Kesehatan mental adalah hal penting yang wajib dijaga oleh setiap individu karena kesehatan mental juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik. Tantangan kesehatan mental di era digital ini, menjadi permasalahan yang dihadapi oleh banyak individu. Diperlukan kesadaran masing-masing untuk menyikapi permasalahan ini bahwa dampak media sosial tergantung bagaimana cara individu menggunakannya. Gunakan media sosial dengan bijak agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Anda dapat menggunakan media sosial untuk kegiatan yang positif seperti mengembangkan personal branding membangun relasi yang baik dengan orang lain, atau mendirikan sebuah bisnis. Melakukan kegiatan positif akan memberikan manfaat bagi kehidupan Anda di masa kini dan masa depan.

Ivianka Reva Amanda, mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Dian Nuswantoro.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image