Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Pola Makan yang Baik dan Cara Mengaturnya

Gaya Hidup | Thursday, 20 Jan 2022, 21:29 WIB

Kesehatan ialah hal utama. Sayangnya tidak semua orang memiliki kesadaran untuk menjaganya. Untuk bisa memiliki tubuh sehat, seseorang perlu memiliki pola makan yang baik. Nah, di bawah ini ada tips jitu dalam mengatur asupan gizi.

Kenapa Harus Mengatur Pola Makan yang Baik?

Makanan yang baik tidak hanya sekedar 4 sehat 5 sempurna. Namun, terdapat pengaturan mengenai porsi hidangan. Pola makan seseorang kurang baik bisa berakibat fatal. Jangan salahkan keadaan jika suatu hari tetiba menderita penyakit kronis. Selain menjaga asupan gizi, Anda pun harus berolahraga.

Beberapa Akibat Tidak Mengatur Pola Makan yang Baik

Menjaga kesehatan memang diperlukan tekad yang kuat. Malas mengatur pola makan dapat menimbulkan berbagai gangguan. Di bawah ini akan dijabarkan beberapa penyakit jika tidak menjaga asupan dengan baik:

1. Obesitas

Salah satu dampak yang ditimbulkan jika tidak disiplin mengatur pola makan ialah obesitas. Ini adalah mimpi buruk karena kenaikan berat badan dapat mempengaruhi penampilan seseorang. Memang, penilaian tidak hanya fokus pada fisik. Namun profesi tertentu mensyaratkan tubuh proporsional.

Oleh karena itu, menjaga pola makan adalah hal yang utama. Selain terhindar dari obesitas, badan pun akan sehat sehingga Anda bisa bekerja seperti biasanya. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Ingatlah untuk mengatur asupan gizi demi kebugaran tubuh.

2. Diabetes

Tanpa memiliki pola makan yang baik, seseorang akan berpotensi terkena diabetes. Penyakit gula ini dapat membahayakan kesehatan karena beresiko mengancam jiwa. Mengapa seseorang bisa menderita sakit tersebut? Ini dikarenakan banyaknya asupan glukosa sehingga melampaui kebutuhan tubuh.

Apabila gula dalam tubuh terlalu banyak, maka beresiko menderita diabetes. Sakit ini sangat berbahaya jika tidak ditangani. Oleh karena itu, usahakan menjaga pola makan agar tidak terserang penyakit tersebut.

3. Kolesterol

Selain diabetes, seseorang yang memiliki pola makan buruk pun beresiko menderita kolesterol. Ini bisa terjadi jika Anda sering mengonsumsi makanan berlemak. Selain itu, snack dengan kandungan garam dan gula tinggi memicu penyakit tersebut.

Tips Mengatur Pola Makan

Jika bertekad menjaga kesehatan raga, hal pertama yang harus diperhatikan ialah menjaga pola makan. Tak hanya itu, Anda pun bisa membeli alat kesehatan maupun alat olahraga untuk berolahraga.

Mengatur pola makan yang baik memang tidak mudah. Namun, lakukanlah demi mendapatkan kesehatan jiwa dan raga.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image