Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Amaliah Hasda

Melangkah Maju dengan Kreativitas: Strategi Periklanan Cimory yang Memukau

Bisnis | 2024-07-08 11:42:21

Berkembangnya teknologi komunikasi membuat persaingan bisnis semakin ketat. Para pelaku bisnis berbondong-bondong memperkenalkan dan mempromosikan produknya ke masyarakat luas. Iklan menjadi cara promosi yang paling ampuh untuk meningkatkan penjualan serta memperkenalkan produk ke masyarakat luas. Hal ini sesuai dengan fungsi iklan yang dikemukakan oleh Junaedi (2013: 113) tentang tujuan iklan yaitu: a) Untuk menginformasikan suatu produk barang dan jasa kepada khalayak. Tidak hanya dalam produk tetapi juga hal lainnya. b) Untuk Mempengaruhi konsumen agar mengkonsumsi produk barang atau jasa tertentu, atau mengubah sikap agar sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pengiklan. c) Agar konsumen selalu mengingat produk tertentu sehingga tetap setia mengkonsumsinya.

Dalam proses memperkenalkan produk, perlu adanya strategi kreatif iklan agar masyarakat merasa penasaran, sehingga tertarik untuk mencari tahu bahkan mencoba suatu produk yang diiklankan. Salah satu ide kreatif yang bisa diterapkan adalah dengan memilih gaya penyampaian yang khas, unik dan sesuai dengan target audiens. Tidak lupa kita harus memanfaatkan media sosial untuk beriklan, karena pada era digital sekarang media sosial menjadi hal yang sering kita gunakan untuk menerima maupun menyampaikan informasi. Penempatan iklan juga menjadi poin penting dalam memperkenalkan produk, iklan ini harus menjangkau banyak kalangan dan jelas penyampaiannya.

"Strategi Kreatif Periklanan Cimory: Menginspirasi Melalui Inovasi dan Kualitas"

Persaingan produk minuman di Indonesia semakin hari makin sengit, dimana para brand selalu meningkatkan kualitas dan inovasi produknya. Begitupula dengan Susu Cimory yang selalu meningkatkan produknya. Diketahui Cimory awalnya hanya memproduksi yogurt dan susu siap minum dengan tujuan untuk mensejahterakan para peternak sapi, namun seiring berjalannya waktu cimory sudah banyak mengeluarkan produk lain mulai dari kue, hingga susu kemasan. Susu kemasan ini telah tersebar dimana mana dan disukai banyak orang. Selain rasanya yang nikmat, susu kemasan ini pun memiliki banyak varian rasa yang unik sehingga membuat orang penasaran untuk mencobanya.

Kesuksesan susu cimory ini juga tidak lepas dari cara mereka memperkenalkan produk kepada khalayak. Awal mula pemasaran produk ini dimulai dengan mengenalkan produk ke lembaga serta sekolah di daerah sekitar pabrik. Hal ini dilakukan agar masyarakat sekitar bisa merasakan cita rasa produk cimory. Cara mereka memperkenalkan produk sangat intens sehingga banyak produk cimory yang disukai serta diyakini masyarakat sebagai olahan susu yang berkualitas. Cara lain yang dilakukan cimory untuk mengenalkan produknya adalah dengan membuat iklan. Karena iklan sangat memudahkan kita untuk mengetahui suatu brand dan menjangkau banyak kalangan. Namun, iklan biasa saja tidak cukup untuk menarik perhatian pembeli, perlu adanya strategi kreatif yang dilakukan suatu brand agar mendapat perhatian dari masyarakat dan menumbuhkan brand awareness.

Dalam beriklan, kreatifitas merupakan hal penting untuk menciptakan inovasi baru dalam mempromosikan suatu produk. Strategi yang digunakan sangat menentukan kesuksekan iklan tersebut. Salah satu strategi kreatif yang digunakan cimory dalam beriklan adalah dengan menggunakan papan billboard sebagai medianya, serta menampilan banyaknya varian rasa dari susu cimory disertai copy yang unik ” Banyak banget rasanya, billboard sampai gak muat” lalu mereka menaruh sisa rasa susu cimory yang tidak muat di luar layar billboard. Bukan itu saja, mereka juga menggunakan copy yang lucu dan menarik perhatian ” Banyakan mana? Beban hidup atau rasa susu cimory?” hal ini ditunjukkan kepada kalangan muda dan dewasa, yang merupakan target pasarnya.

Sumber : Twitter @bgtnhh

Cimory juga mengamplifikasi pesan yang semua telah disampaikan di billboard dengan cara lain, yaitu dengan menggunakan Buzzer. Cara kerjanya dengan merekrut beberapa orang yang memiliki banyak pengikut di media sosial, lalu akan menyuarakan sebuah kampanye atau promosi dengan menggunakan opini dan tagar yang sama sehingga iklan tersebut makin tersebar luas.

Sumber : Twitter @fasekrisis

Selain dengan menggunakan billboard, cimory juga tidak melewatkan kesempatan emas untuk promosi di event besar Jakarta Fair. Cimory ikut serta dalam event tersebut untuk mempromosikan produknya dan memberikan banyak penawaran menarik kepada para konsumen. Lagi-lagi cimory menggunakan strategi yang kreatif dalam mempromosikan produknya. Mereka menggunakan Jenis iklan penawaran yang berhadiah. Hadiahnya pun cukup unik dan sangat menggambarkan cimory, hadiahnya adalah seekor sapi. Tentu saja untuk mendapatkan hadiah tersebut terdapat syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Syarat utamanya adalah membeli produk cimory sebanyak-banyaknya, namun hanya berlaku dalam 1 struk pembelian. Pembelian paling besar akan dicatat, kemudian pemenang akan diumumkan di akun instagram @cimoryindonesia pada tanggal 19 Juli 2024.

Sumber : Tiktok @kimdea

Dalam upaya meningkatkan brand awareness, cimory juga melakukan kampanye peiklanan dengan membuat jinggle iklan. Jinggle iklan merupakan lagu pendek yang berisi pesan singkat mengenai suatu produk, mempunyai melody yang enak didengar, serta menghibur para pendengar. Tujuan dari jinggle ini supaya dapat memasuki pikiran pendengar dan akhirnya dalam kurun waktu tertentu mereka menjadi selalu ingat dengan brand yang membuat jingle tersebut. Cimory mengeluarkan jingle untuk memperkenalkan sejumlah varian rasa baru dari susu cimory. Jingle ini ramai diperbincangkan di platform Tiktok karena liriknya yang unik dan temponya yang cepat. Para konten kreator pun ikut meramaikan jingle cimory ini dengan mencoba menyanyikannya dengan benar dan cepat.

Dari beberapa strategi iklan cimory yang telah dibahas, dapat disimpulkan bahwa mengiklankan suatu produk tidak cukup hanya dengan iklan biasa. Kita membutuhkan strategi kreatif untuk bersaing dengan brand-brand lain. Kreatifitas dapat melahirkan sebuah inovasi baru yang tentunya dapat kita ciptakan melalui ide yang dikembangkan. Pemanfaatan media online juga perlu kita maksimalkan dalam beriklan, tersebarnya informasi dengan mudah dapat mempercepat iklan diketahui masyarakat luas.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image