Strategi Iklan Persuasif Mahasiswa Baru
Lainnnya | 2024-07-07 18:03:44Iklan Persuasi adalah jenis iklan yang bertujuan untuk menyakinkan dan mempengaruhi audiens agar melakukan Tindakan tertentu seperti membeli produk atau menggunakan layanan tertentu. Iklan persuasi biasanya menggunakan strategi komunikasi yang kuat dan Teknik persuasif untuk mencapai tujuan ini.
Iklan Persuasi adalah jenis iklan yang bertujuan untuk menyakinkan dan mempengaruhi audiens agar melakukan Tindakan tertentu seperti membeli produk atau menggunakan layanan tertentu. Iklan persuasi biasanya menggunakan strategi komunikasi yang kuat dan Teknik persuasif untuk mencapai tujuan ini.
1. Tujuan iklan persuasi : tujuan utama iklan persuasi ialah untuk mengubah sikap, keyakinan atau perilaku audiens. iklan ini sering kali berfokus pada mempengaruhi audiens agar membeli produk atau menggunakan layanan tertentu. Tujuan lainnya mungkin termasuk membangun citra merek yang positif. Strategi iklan persuasif digunakan untuk meyakinkan audiens dengan cara mengubah persepsi dan sikap audiens tentang suatu layanan sehingga mempengaruhi perilaku mereka terhadap suatu produk atau layanan. Dapat meningkatkan brand engagement. Karena strategi iklan ini berfokus menyasar emosional audiens. Kategori iklan ini berfokus pada alasan yang sesuai logika, nalar, dan rasionalitas untuk mempengaruhi perilaku audiens terhadap suatu nama. Untuk itu, iklan ini biasanya disajikan berdasarkan data atau fakta untuk menunjukkan keunggulan suatu produk.
Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) adalah aktivitas yang dilakukan secara rutin perguruan tinggi setiap pembukaan ajaran baru. Setiap tahun, ribuan siswa sekolah menengah atas dihadapkan pada pilihan sulit untuk menentukan institusi pendidikan yang akan mereka masuki. Memilih kampus yang tepat adalah keputusan penting yang dapat mempengaruhi masa depan akademis dan karir di masa yang akan datang. Dengan menerima calon mahasiswa yang berkompeten maka dapat menunjang mutu dan kualitas perguruan tinggi itu sendiri. Banyaknya Perguruan Tinggi dengan berbagai macam tawaran sarana prasana kepada calon mahasiswa memungkinkan bagi mereka untuk memilih serta menilai universitas atau perguruan tinggi yang diminati, tentunya yang sesuai dengan keinginan dari masing-masing calon mahasiswa baru. Namun disisi lain, hal tersebut menimbulkan kebingungan bagi mereka calon mahasiswa yang tidak mempunyai gambaran jelas mengenai kesesuaian fakultas maupun program studi yang akan ditempuh di kampus yang mereka ingin pilih. Disinilah peran dari strategi dan konsep promosi dari perguruan tinggi untuk menjaring minat dari calon mahasiswa baru untuk melanjutkan pendidikan di Universitas mereka melalui promosi yang dilakukan oleh Lembaga Penerimaan Mahasiswa Baru. promosi tersebut tentunya memiliki konsep dalam bagaimana suatu Universitas memberikan informasi tentang sarana prasana yang dimiliki sekaligus menciptakan suatu brand awareness dari khalayak image apa yang telah dibentuk oleh Universitas. proses promosi oleh Lembaga Penerimaan Mahasiswa Baru ini biasanya menggunakan media yang fleksibel dan mudah diakses oleh khalayak. Maka dari hal tersebut Media Sosial adalah media paling efisien untuk memasarkan keunggulan dari suatu Universitas kepada khalayak. tentunya memiliki Lembaga Penerimaan Mahasiswa Baru yang memiliki media sosial untuk menginformasikan perihal prestasi, keunggulan dan program-program yang ada di Universitas yang bertujuan untuk menarik minat calon mahasiswa baru. Meningkatkan jumlah pendaftaran calon mahasiswa baru adalah tantangan utama bagi setiap institusi pendidikan tinggi. berikut strategi dan teknik yang efektif dalam membuat iklan persuasif yang dapat menarik minat calon mahasiswa baru.
1. Menunjukan keunggulan kampus fokuskan iklan pada keunggulan dan fasilitas kampus seperti program akademik yang unggul, fakultas yang berprestasi , fasilitas modern, serta kesempatan magang dan Kerjasama dengan industri atau Perusahaan
2. Testimoni dari mahasiswa saat ini dan alumni . testimoni ini bisa berupa video singkat, kutipan di media sosial atau artikel blog. Pastikan testimoni tersebut dapat mencerminkan pengalaman positif.
3. Membuat konten yang menarik membuat video yang berkualitas tinggi yang menggambarkan kehidupan kampus , kegiatan mahasiswa serta memperlihatkan fasilitas kampus.
4. Memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan tiktok Media sosial adalah platform yang efektif untuk menjangkau calon mahasiswa, fleksibel dan mudah diakses oleh khalayak buat konten yang menarik seperti live dan Q&A dan untuk selalu berinteraksi secara aktif dengan calon mahasiswa melalui komentar dan pesan.
5. Libatkan duta kampus untuk mempromosikan kampus di media sosial serta kolaborasi dengan alumni dan mahasiswa lainnya untuk membuat konten yang menarik tentang seputar dunia kampus
Contoh iklan persuasif:
Video Kampanye: video yang menceritakan pengalaman seorang mahasiswa dari pendaftaran hingga kelulusan, menunjukan berbagai aspek positif kampus.
Post Media Sosial: Infografis tentang program studi unggulan, disertai testimoni dari mahasiswa dan alumni yang telah merasakan manfaatnya
Artikel Blog: Cerita mendalam tentang proyek penelitian atau kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti mahasiswa.
Berikut beberapa contoh kalimat iklan persuasif kampus yang menarik di media sosial.
“ Menjadi generasi unggul dimulai dari Universitas X”
“Kuliah X? Di sini langkah pertamamu menuju kesuksesan.”
” Universitas X, langkah pertamamu kuliah di jurusan impian.”
“Asyiknya kuliah di kampus X”
“Universitas X terjamin kualitasnya”
“Kuliah berkualitas tak pake mahal”
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.