Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image KALYA HUMAIDA

DxtER Tricorder,Alat Medis yang Terinspirasi Serial TV Star Trek

Riset dan Teknologi | Wednesday, 03 Jul 2024, 22:10 WIB
replika tricorder dalam serial star trek (sumber : getty images)

Dalam serial TV Star Trek terdapat alat multifungsi disebut tricorder yang bisa memindai dan menganalisis apa saja. Alat ini dapat memberi tahu penggunanya elemen-elemen yang ada di lingkungan alien, struktur dna spesies alien,dan juga mendiagnosa dengan cepat keadaan medis seseorang . Dari situlah muncul gagasan - gagasan pemindai otomatis sebagai alat bantu medis.

DxtER tricorder,prototipe perangkat yang terinspirasi serial Star Trek,merupakan kombinasi alat pintar, termasuk stetoskop digital, sensor pergelangan tangan, sensor dada, spirometri, dan kalibrator tekanan darah, yang memberikan data kepada program AI untuk memberikan diagnosis yang akurat.

Penggunaan perangkat ini memungkinkan pasien untuk menghindari kunjungan ke rumah sakit yang tidak perlu dengan menganalisis gejala yang mereka alami atau mengirimkan data terperinci kepada tim medis secara real time. Asisten medis bertenaga AI memberikan data perawatan kesehatan yang penting kepada dokter dan pasien, memandu pasien untuk mengidentifikasi dan memahami kebutuhan mereka tanpa menyita waktu dari petugas medis.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image