PPSDM Migas Gembleng ASN KESDM tentang Basic Drilling and Completion

Image
Rizka Yenidiniarti
Eduaksi | Thursday, 20 Jan 2022, 07:33 WIB
Foto Pelatihan

Dalam proses operasi produksi minyak dan gas bumi, banyak sekali konsep dan terminologi dasar yang digunakan untuk mendukung proses tersebut. Namun, konsep dan terminologini tidak sepenuhnya dapat dipahami oleh mereka yang terlibat dalam proses tersebut. Salah satu keahlian yang kemudian menjadi penting untuk diperhatikan adalah mengetahui tentang Basic Drilling and Completion terutama bagi ASN (Aparatur Sipil Negara) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM).

Oleh sebab itu Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) menyelenggarakan pelatihan Basic Drilling and Completion. Pelatihan ini diikuti oleh ASN Kementerian ESDM. Pelatihan tersebut diselenggarakan selama 5 (lima) hari, yakni dimulai pada hari Senin, tanggal 17 Januari 2022 sampai dengan tanggal 21 Januari 2022.

Selama 5 (lima) hari mengikuti pelatihan tersebut peserta mendapatkan materi berupa, Drilling Operation, Directional and Horizontal Drilling, Geo Mechanic, Well Control Technique, Well Control Equipment, Drilling Fluid and Completion Fluid, Drilling and Well Kick Simulation.

Asep Mohamad Ishaq Shiddiq, salah satu pengajar dalam pelatihan tersebut menyampaikan salah satu materi yang diberikan pada pelatihan Basic Drilling and Completion, yaitu Geomekanika dan Pengeboran, ketika dihubungi melalui pesan singkat pada Rabu (19/01/2022).

“Dalam pelatihan tersebut, saya menyampaikan materi berupa Geomekanika dan Pengeboran berarah, intisari dari materi Geomekanika adalah prediksi tekanan pori, prediksi minimum horizontal stress, prediksi maksimum horizontal stress, prediksi collapse pressure, validasi hasil prediksi, pemodelan geomekanika, serta intisari dari materi Pengeboran berarah adalah tipe pemboran berarah, desain pemboran berarah, monitoring pemboran berarah dengan survey”, tutup Asep.

Fanny Dimasruhin, salah satu peserta pelatihan tersebut mengungkapkan bahwa materi yang disampaikan oleh pengajar sangat menunjang bidang pekerjaannya di lapangan.

“Materi yang disampaikan oleh pengajar sangat menunjang bidang pekerjaan saya di lapangan, dan menambah wawasan serta pengalam saya dalam bidang tersebut, Materi yang saya dapatkan antara lain adalah Hazard dan potensi kecelakaan di pengeboran,” tutup Fanny.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Program Studi Ekonomi Syariah FAI Unpam adakan penggalangan dana gempa bumi

Image

Mahasiswa Mahad Al Imam Malik UMP Raih Juara Bahasa Arab Nasional

Image

Ekosistem Pesantren dalam Mewujudkan Manajemen Halal Supply Chain Menuju Madani Society 5.0

Image

Pentingnya Agama dan Pendidikan Sejak Dini

Image

Mata Kuliah Kehumasan

Image

Tips dan Cara Nyaman Untuk Hilangkan Bau Ketiak dan Warna Kulit Ketiak Yang Gelap

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image