Tafakkur Sebagai Metode Rabbani

Image
taufik sentana
Eduaksi | Wednesday, 19 Jan 2022, 20:36 WIB
Ilustrasi. Dok. M. Lhutfi. Tafakkur. Taufiksentana. Retizen

Tafakkur Sebagai Metode Rabbani

****

Pendidikan Islam telah meletakkan dasar rabbaniyah sebagai pembangun watak kehambaan dari subjek didik. Diantara sifat yang rabbani itu adalah bersikap lemah lembut, adil dan tidak arogan/destruktif.

Dalam upaya internalisasi pendidikan Islam, terdapat beragam metode dan varian pendekatan yang bisa dikembangkan, diadaptasi dan dijadikan acuan utama.

Zahir dipahami bahwa tak ada satu metode yang efektif secara utuh, atau satu metode hanya berlaku pada skala waktu dan prosedur tertentu.

Namun, bila kita merujuk pada apa yang ditawarkan Alquran, dan mencernanya dengan kesungguhan, maka setiap metode adalah tawaran yang ideal dan sesuai untuk tahapan perkembangan individu, tahap pertahap hingga mencapai kesempurnaan.

***

Dalam catatan penulis, tafakkur merupakan satu pola metoda yang sengaja Allah SWT aktifkan dalam pencapaian kualitas diri. Proses tahannus Nabi Muhammad saw sebelum turunnya wahyu juga bagian dari tafakkur.

Metode ini dirancang secara intruksional dan kondisional sehingga seorang yang menempuhnya akan menaiki level level kognisi dan kesadaran tertentu: dan dalam diri kamu sendiri, apakah tidak perhatikan dengan teliti? (ayat).

Salah satu aspek tafakkur yang paling mashur, disebutkan dalam surat Ali Imran (190-192), yang secara esensial sebagai prasyarat bagi pencerahan mental dan intelektual (ulul albab).

Kualitas ulul albab, dalam konteks ini dan dalam idealita pendidikan Islam, hanya dapat dilampaui dengan Tafakkur (didahului oleh tazakkur, zikir, mengingat Allah dalam kondisi apapun).

Sehingga Tafakkur menjadi rangkaian perangkat yang menstimulasi semua kualitas inderawi (menghidupkan batin) untuk mencerna gejala dan peristiwa semesta, yang mungkin tersaji dalam teks ataupun kejadian kejadian sosial yang dicerdasi pada ranah pembelajaran.

Agaknya, pendekatan saintifik yang mashur sekarang, relevan dengan proses tafakkur ini.

Namun, catatannya: puncak gairah tafakkur adalah kesadaran akan Kekuasaan Allah, KesucianNya dan terhindar dari AzabNya .

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pendidikan Islam dan Sosial Budaya

Peradaban Kota

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Langkah Strategis, Telkom dan TNI Berkomitmen Buat Inovasi sistem Pertahanan

Image

MP3 Juice Downloader Lagu Mp3 Tanpa Aplikasi Super Cepat Dan Praktis

Image

Ukuran Foto 2R, 3R, 4R, 5R, … 30R Berapa CM, MM, dan Inci

Image

Y2mate Downloader Video YouTube Tercepat 2022

Image

GB WhatsApp Pro Apk V17.50 Download Terbaru 2022

Image

Mancestercity juara liga inggris 2021/2022, inilah H2h jalanya pertandingan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image