Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Larasati Dwi A

Fitoplankton: Mikroorganisme Penentu Kualitas Air

Eduaksi | Wednesday, 05 Jun 2024, 11:26 WIB
Ilustrasi fitoplankton (Sumber: planktonforhealth.co.uk)

Pencemaran air sudah banyak terjadi di berbagai wilayah di Indonesia, baik itu pencemaran yang disebabkan oleh hasil pembuangan sampah sembarangan, limbah rumah tangga, ataupun limbah industri. Pencemaran air sendiri dapat diartikan sebagai masuknya atau dimasukannya makhluk hidup, zat, energi atau komponen lain ke dalam perairan oleh aktivitas manusia sehingga menyebabkan penurunan kualitas air mencapai tingkat dimana tidak sesuai dengan baku mutu dan fungsinya. Selain itu juga, pencemaran air dapat menyebabkan berkurangnya keanekaragaman organisme sehingga sistem ekologis perairan tersebut akan terganggu dan tidak mencapai keseimbangan (Raunsay & Koirewoa, 2016).

Perubahan lingkungan yang terjadi ini dapat dipantau menggunakan indikator biologi. Indikator ini dapat menggambarkan kualitas lingkungan di suatu wilayah dan memantau ada atau tidaknya pencemaran. Selain itu juga, keberadaan organisme perairan yang berperan sebagai bioindikator dapat menentukan kualitas lingkungan. Menurut (Aryawati et al., 2021), organisme perairan dapat digunakan sebagai indikator karena memiliki habitat, mobilitas, dan umur yang relatif lama mendiami suatu wilayah perairan. Salah satu organisme yang dimaksud ialah plankton.

Plankton merupakan suatu organisme akuatik yang hidup melayang – layang di perairan, memiliki pergerakan yang selalu dipengaruhi oleh arus air, dan mempunyai kemampuan berenang walaupun sangat lemah. Plankton memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga dibutuhkan sebuah alat yaitu mikroskop untuk melihatnya. Plankton terbagi menjadi dua golongan, yaitu fitoplankton dan zooplankton. Fitoplankton merupakan tumbuhan air yang berperan sebagai produsen primer dalam rantai makanan serta memiliki kemampuan berfotosintesis. Sementara itu, zooplankton merupakan hewan yang berperan sebagai konsumen primer dengan memanfaatkan energi yang dihasilkan oleh produsen primer (Dewanti et al., 2018).

Keberadaan fitoplankton memiliki peranan penting dalam menentukan tingkat kesuburan perairan. Fitoplankton berkedudukan sebagai produsen primer perairan dimana menghasilkan sumber energi atau makanan yang dapat dimanfaatkan oleh organisme lain termasuk zooplankton, ikan kecil hingga ikan yang berukuran lebih besar. Kelimpahan fitoplankton di suatu perairan bisa menjadi tanda suburnya wilayah tersebut karena kekayaan nutriennya. Selain itu, ketersediaan fitoplankton yang melimpah juga berkontribusi pada tingginya produktivitas primer di perairan tersebut (Rahma et al, 2022).

Keberadaan fitoplankton juga dapat digunakan sebagai indikator untuk menentukan kualitas perairan. Karena sifatnya yang sangat peka terhadap perubahan lingkungan, keberadaan fitoplankton dapat menunjukkan tentang perairan apakah dalam kondisi bersih ataupun tercemar. Hal ini juga dipengaruhi oleh parameter fisika kimia seperti, pH, oksigen terlarut, intensitas cahaya, kedalaman dan sebagainya. Kondisi ini yang tentunya berpengaruh terhadap kualitas perairan dapat ditentukan dengan mencari tingkat keanekaragaman, kelimpahan, kemerataan serta dominansi dari organisme itu sendiri (Raunsay & Koirewoa, 2016).

Daftar pustaka:

Aryawati, R., Ulqodry, Z., T., Isnaini, & Surbakti, H. (2021). Fitoplankton Sebagai Bioindikator Pencemaran Organik di Perairan Sungai Musi Bagian Hilir Sumatera Selatan. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kelautan Tropis, 13(1), 163–171. https://doi.org/10.29244/jitkt.v13i1.25498

Dewanti, L., P., P., Putra, D., N., N., & Faiqoh, E. (2018). Hubungan Kelimpahan dan Keanekaragaman Fitoplankton dengan Kelimpahan dan Keanekaragaman Zooplankton di Perairan Pulau Serangan, Bali. In Journal of Marine and Aquatic Sciences (Vol. 4, Issue 2).

Raunsay, E., K., & Koirewoa, D., C. (2016). Plankton Sebagai Parameter Kualitas Perairan Teluk Yos Sudarso dan Sungai Anafre Kota Jayapura Papua. Novae Guinea Jurnal Biologi, Vol. 8, No. 2.

Rahmah, N., Zulfikar, A., & Apriadi, T. (2022). Kelimpahan Fitoplankton dan Kaitannya dengan Beberapa Parameter Lingkungan Perairan di Estuari Sei Carang Kota Tanjungpinang. Journal of Marine Research, 11(2), 189–200. https://doi.org/10.14710/jmr.v11i2.32945

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image