Berbagai Jenis Kehamilan Kembar yang Unik

Parenting  


Secara tradisional kehamilan kembar cuma ada dua jenis di dunia, yaitu kembar identik (monozigot) dan kembar non-identik (dizigot). Masing-masingnya memiliki keunikan sendiri.

Anak kembar rata-rata lahir saat usia kandungan 38 pekan, lebih singkat dibanding hamil tunggal yang mencapai 40 pekan. Saya sendiri mengandung si kembar selama 39 pekan.

Bayi kembar bisa lahir prematur, cenderung memiliki berat badan lahir rendah. Alhamdulillah kedua putra kembar saya lahir non-prematur. Masing-masing mereka memiliki berat badan lahir 3,1 kilogram (kg) dan 2,6 kg.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kembar Identik yang Unik

Kembar identik berasal dari satu sel telur yang dibuahi satu sel sperma, kemudian membelah menjadi dua embrio yang akhirnya berkembang menjadi dua bayi. Secara genetik, kedua bayi ini benar-benar sama, ya karena mereka berasal dari sel telur dan sperma sama.y

Kembar identik (monozigot)/ Foto: Republika
Kembar identik (monozigot)/ Foto: Republika

Makanya kembar identik lahir dengan jenis kelamin sama, kembar laki-laki atau kembar perempuan. Kalau anak kembarnya sepasang, maka bukan kembar identik namanya.

Anak kembar identik memiliki sejumlah keunikan, antara lain:

· Kembar cermin (mirror twins)

· Kembar siam (conjoined twins)

· Kembar parasit (parasitic twins)

Anak kembar cermin betul-betul sama persis. Mereka tidak bisa dibedakan secara fisik.

Mereka punya wajah sama dan suara sama. Rambut yang satu mungkin belah kanan, satunya belah kiri. Mereka mungkin juga memiliki tanda lahir di sisi berlawanan.

Kembar siam termasuk kembar langka di dunia. Dua saudara kandung terhubung secara fisik. Biasanya tubuh mereka menyatu di bagian kepala, dada, atau perut. Beberapa kembar siam bahkan berbagi setidaknya satu organ vital yang sama.

Kembar siam dempet perut/ Foto: Republika
Kembar siam dempet perut/ Foto: Republika

Meski kembar siam terikat secara fisik, mereka sesungguhnya adalah dua individu berbeda. Pemikiran masing-masingnya unik dan kepribadiannya pun unik.

Kembar siam berisiko tinggi. Namun, sekarang sudah banyak terobosan dunia medis yang berhasil memisahkan bayi kembar siam.

Kadang saat janin kembar berkembang dalam rahim sama, salah satunya menjadi lebih besar dan dominan. Kembarannya tiba-tiba berhenti bertumbuh kembang dan mulai bergantung pada saudara kembarnya. Ini dikenal sebagai kembar parasit.

Biasanya kembaran yang lebih kecil tidak bisa berkembang sepenuhnya. Dia bisa muncul di tubuh saudara kandungnya setelah lahir, misalnya berupa benjolan kecil, atau kelebihan anggota tubuh.

Kembar Non-Identik yang Unik

Kembar non-identik dikenal juga sebagai kembar fraternal. Nah, anak kembar yang jenis kelaminnya berbeda, meski wajahnya mirip sekali pun tetap tergolong sebagai kembar non-identik.

Kembar non-identik laki-laki dan perempuan/ Foto: Republika
Kembar non-identik laki-laki dan perempuan/ Foto: Republika

Anak kembar non-identik memiliki sejumlah keunikan. Pertama, kembar dengan usia berbeda. Inilah yang saya alami saat mengandung putra kembar saya, Rashif dan Rangin.

Pertama kali memeriksakan kehamilan saya ke dokter, tepatnya usia kehamilan enam pekan, dokter hanya menemukan satu janin di perut saya.

Tiba-tiba saja saat saya kembali ke dokter ketika usia kandungan 2,5 bulan, dokter menyatakan saya memiliki dua janin. Keduanya ternyata berbeda sekitar dua pekan.

Fenomena seperti ini namanya superfestasi. Sel telur kedua dibuahi setelah perempuan dinyatakan hamil. Satu anak kembar sedikit lebih tua dari lainnya.

Inilah alasannya kenapa Rashif dipanggil abang, sedangkan Rangin dipanggil adik. Mereka faktanya memang kembar yang lahir di hari sama, tetapi sesungguhnya usia mereka terpaut dua pekan.

Kedua, kembar dengan ayah berbeda. Fenomena ini sangat jarang terjadi pada manusia, tetapi umum pada hewan. Mungkin terkait dengan norma monogami yang ada di Indonesia, ya kan?

Satu perempuan hanya boleh memiliki satu pasangan. Namun, bukan berarti ini tidak bisa terjadi loh. Ketika dua sel telur dilepaskan, mungkin saja keduanya dibuahi dua sperma dari dua laki-laki berbeda.

Ketiga, kembar dengan warna kulit berbeda. Rasanya tidak mungkin punya anak kembar dengan warna kulit yang benar-benar berbeda, misalnya satu putih, satunya gelap.

Faktanya ini biasa terjadi pada pasangan menikah campuran, seperti laki-laki Afrika menikahi perempuan Asia. Anak kembar mereka secara alami satu menyerupai ayah, satunya menyerupai ibu.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Parenting dan lifestyle blogger yang senang menuangkan kisahnya di www.muthebogara.blog

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image