Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hanin Shafa Ainayya

Budaya Digital: Menjaga Warisan, Merajut Masa Depan

Teknologi | 2024-06-01 12:09:16

Pada dasarnya, kehidupan manusia yang mulai dari sederhana kini berubah menjadi kehidupan yang dapat diklasifikasikan sangat berkembang. Dapat disadari bahwa seiring dengan perkembangan zaman teknologi semakin mudah digunakan dan semakin canggih, sehingga dapat digunakan untuk segala sesuatu dengan cara-cara yang mudah. Berkembangnya teknologi khususnya dalam bidang informasi dan komunikasi adalah sesuatu untuk mempermudah aspek kehidupan manusia. Mayoritas masyarakat di dunia juga menyadari bahwa manusia semakin lama susah lepas dari teknologi. Walaupun begitu penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh masyarakat dapat digunakan untuk berbagai hal salah satunya adalah melestarikan budaya Indonesia. Era teknologi ini juga dapat membawa dampak, peluang, dan tantangan baru dalam upaya pelestarian serta mempromosikan budaya Indonesia.

Tentunya teknologi pastinya dapat membawa perubahan besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Terdapat pula cara-cara masyarakat Indonesia untuk mewariskan dan melestarikan budaya Indonesia. Dengan hadirnya teknologi dapat menimbulkan dampak positif yakni penyebaran budaya. Penyebaran budaya yang dimaksud adalah dengan bantuan teknologi digital yang membantu penyebaran budaya secara lebih luas dan lebih cepat. Dapat disadari bahwa penyebaran budaya sudah berlangsung sejak lama di Indonesia dengan bukti banyak tarian tradisional sampai dengan lukisan tradisional yang sudah dinikmati melalui sosial media dan teknologi. Selain itu, dengan adanya teknologi dapat mengembangan alat dan platform edukasi yang menarik untuk dipelajari. Dikarenakan teknologi memudahkan semua orang untuk saling berkenalan melalui video maupun chat. Salah satu yang dampak yang dirasakan juga pendidikan budaya dimana teknologi dimanfaatkan untuk lebih memperkenalkan budaya atau tradisi Indonesia kepada masyarakat di dunia dalam konteks pendidikan.

Pada dasarnya, teknologi memang memberikan dampak-dampak yang baik kepada masyarakat dalam konteks sosial budaya. Akan tetapi, perlu disadari juga bahwa dengan perkembangan teknologi yang begitu masif dapat memberikan dampak negatif kepada masyarakat Indonesia terhadap budaya yang ada di Indonesia. Contoh dari dampak negatif yang sangat dirasakan oleh banyak orang adalah ketergantungan pada teknologi. Hal ini dapat membawa dampak negatif kepada masyarakat Indonesia karena ketergantungan pada teknologi yang berlebihan dapat menyebabkan melemahnya budaya lokal. Bukti nyatanya adalah banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih untuk menonton pertunjukan budaya luar negeri secara online daripada menikmati budaya lokal. Dampak negatif lainnya adalah homogenisasi budaya yang mana akan menyebabkan budaya lokal terancam. Dikarenakan teknologi informasi sangat dikuasai oleh negara-negara maju seperti Amerika, Eropa, China, dan lain lain. Hal ini menyebabkan banyaknya budaya barat yang mendominasi media sosial, sehingga secara tidak langsung budaya lokal akan terpinggirkan.

Walaupun terdapat dampak negatif dan positif yang dapat mempengaruhi budaya lokal dalam menggunakan teknologi. Akan tetapi, perlu disadari juga bahwa terdapat juga peluang dan tantangan pemanfaatan teknologi untuk mempromosikan budaya lokal. Teknologi pastinya dapat digunakan untuk mempromosikan budaya dan tradisi lokal secara lebih efisien. Salah satu cara untuk mempromosikan budaya lebih efisien adalah dengan media sosial dan platform online dapat digunakan untuk mempromosikan budaya dan tradisi secara luas. Mempromosikan suatu tempat pariwisata sampai dengan tarian daerah di sosial media pastinya akan membawa dampak positif kepada budaya lokal. Namun, dengan pemanfaatan teknologi juga menghadirkan beberapa tantangan seperti etika dan tanggung jawab. Menurut penulis, penggunaan teknologi untuk budaya harus digunakan secara etis dan bertanggung jawab. Maksud dari etika dan tanggung jawab adalah dalam memberikan informasi mengenai budaya lokal harus diberikan secara akurat dan bertanggung jawab.

Lebih lanjut mengenai etika dan tanggung jawab dalam penggunaan teknologi untuk budaya terdapat beberapa panduan yang perlu diperhatikan oleh penyebar informasi budaya lokal. Sebelum menyebarluaskan informasi budaya lokal tersebut haruslah melihat pada hak kekayaan intelektual yang berlaku. Hal ini pastinya harus diperhatikan secara ketat karena di Indonesia ada beberapa tarian daerah sampai dengan tumbuhan yang dilindungi secara ketat oleh hukum kekayaan intelektual. Selain itu, penyebar informasi budaya lokal juga perlu melakukan penghormatan terhadap budaya lokal. Maksud dari penghormatan budaya lokal adalah dalam mempromosikan budaya haruslah memperhatikan nilai-nilai luhur yang dianut oleh budaya lokal jangan sampai tidak menghormati nilai-nilai budaya yang dianut.

Berdasarkan penjelasan diatas dapat dimengerti bahwa teknologi memang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia yang semakin berkembang. Teknologi juga membawa dampak baik maupun buruk kepada budaya. Walaupun begitu, terdapat peluang yang dapat digunakan oleh masyarakat dalam mempromosikan budayanya mulai dari tarian tradisional sampai dengan lukisan tradisional. Di sisi lain, terdapat tantangan dalam menggunakan teknologi dalam pemanfaatan teknologi untuk budaya lokal di Indonesia. Penulis juga sudah memberikan cara preventif untuk menghindari dari penggunaan teknologi untuk budaya seperti memahami hak kekayaan intelektual serta penghormatan terhadap keragaman budaya.

Hanin Shafa Ainayya/132231240

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image