Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hendi Wijaya

ASEAN Ancaman dan Peluang Di Masa Depan

Politik | Friday, 31 May 2024, 19:54 WIB
Ilustrasi logo ASEAN dengan gambar kawasan Asia Tenggara

Asean merupakan organisasi regional yang telah berdiri sejak tahun 1967. ASEAN telah menjadi salah satu organisasi yang berpengaruh di dunia. Sebagaimana fungsinya ASEAN memiliki peran yang vital dalam menjaga stabilitas regional, kerjasama ekonomi serta membangun organisasi yang terintegrasi. Dalam pencapaian ini masih banyak terdapat masalah yang terjadi sehingga menjadi tantangan untuk ASEAN dalam menentukan masa depan.

Hingga saat ini ASEAN masih memiliki banyak masalah-masalah yang harus mereka hadapi salah satunya adalah masalah mengenai kesenjangan ekonomi. Kesenjangan ekonomi merupakan salah satu masalah yang harus dihadapi oleh ASEAN. Seperti yang kita ketahui kesenjangan ekonomi ini menjadi masalah yang sangat serius. Ketika negara-negara seperti Singapura, Thailand, Malaysia, dan Indonesia sudah mencapai tingkat pembangunan yang dapat dikatakan tinggi. tetapi, masih terdapat negara-negara seperti Kamboja, Laos, dan Myanmar yang dapat dikatakan masih tertinggal dari negara-negara lain yang terdapat di ASEAN.Dikarenakan kesenjangan ekonomi di ASEAN memiliki gap yang cukup lebar sehingga hal tersebut menjadi masalah utama sehingga menghambat upaya integrasi ekonomi yang lebih jauh dan menciptakan ketidakpuasan di antara para anggota ASEAN.

Selain dari kesenjangan ekonomi yang ada diantara negara-negara ASEAN terdapat masalah lain yang harus diperhatikan oleh ASEAN yaitu masalah mengenai ketidakstabilan politik ASEAN. Di ASEAN terdapat banyak masalah politik yang terjadi di negara ASEAN seperti yang terjadi di Myanmar. Krisis politik yang terjadi di Myanmar menimbulkan kekhawatiran yang besar mengenai masa depan demokrasi serta hak asasi manusia di kawasan ASEAN sendiri. Jika ketidakstabilan politik seperti ini masih terus terjadi maka hal-hal seperti ini dapat mengganggu upaya integrasi regional dan dapat merusak reputasi yang dimiliki ASEAN di dunia internasional. Dua hal ini akan mengancam masa depan ASEAN jika terus terjadi.

Walaupun terdapat ancaman untuk ASEAN tetapi terdapat peluang untuk ASEAN di masa depan. Di masa depan ASEAN dapat meningkatkan kerja sama ekonomi di kawasannya. Di kawasan ASEAN memiliki populasi yang sangat banyak dengan jumlah 600 juta jiwa manusia serta GDP yang selalu meningkat dari tiap tahun ke tahun. ASEAN memiliki potensi ekonomi yang sangat besar sehingga di kemudian hari dapat menjadi kekuatan ekonomi global. Dengan penguatan kerja sama melalui perjanjian perdagangan bebas sehingga hal tersebut bisa mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Di era yang yang sudah menjadi serba digital ASEAN dapat memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan daya saing. Dalam revolusi digital ini juga ASEAN dapat memulai dari investasI infrastruktur digital, pengembangan ekonomi digital dan pendidikan teknologi yang dapat dimanfaatkan sehingga di masa depan akan muncul inovasi-inovasi terbaru yang dapat digunakan dan meningkatkan efisiensi di kawasan ASEAN.

Dengan penguatan diplomasi multilateral ASEAN di masa depan berpeluang besar untuk mempunyai pengaruh dalam diplomasi multilateral seperti masalah-masalah global. Masalah-masalah global yang menjadi masalah global antara lain kesehatan global, perubahan iklim dan keamanan maritim. Jika memperkuat suara bersama di forum internasional, maka ASEAN dapat memperlebar pengaruh sehingga mendapatkan dukungan untuk inisiatifnya.

ASEAN akan mempunyai masa depan yang penuh akan tantangan dan ancaman. Dalam mengatasi masalah yang terjadi di ASEAN seperti ketidakstabilan politik, sengketa wilayah dan kesenjangan ekonomi maka ASEAN dengan para anggotanya harus memperkuat kesolidaritasan mereka dalam bekerja sama. ASEAN juga harus dapat memanfaatkan peluang yang ada seperti peluang digital, peningkatan konektivitas dan diplomasi multilateral sehingga ASEAN dapat terus maju dalam mempunyai peran yang penting di atas panggung internasional. ASEAN harus memaintain semangat persatuan dan kolaborasi mereka yang kini telah berjalan lebih dari lima dekade.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image