Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nadila Puspa Hardini

Membangun Keadilan Pajak

Edukasi | Wednesday, 29 May 2024, 22:45 WIB
(Sumber Gambar:https://bitly.cx/5Jm6B)

Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang penting untuk membiayai berbagai program pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Namun, realita menunjukkan bahwa masih banyak pihak,khususnya korporasi, yang lalai dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Tentu sana hal ini dapat mengganggu stabilitas dan keadilan sistem perpajakan, serta menghambat pembangunan negara.

Pemerintah perlu berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melakukan kepatuhan perpajakannya. Namun dengan maraknya kasus oleh oknum aparat pajak, telah mengikis rasa kepercayaan masyarakat.Kepercayaan masyarakat terhadap aparat pemungut pajak menurun yang disebabkan banyaknya kasus penyelewengan yang terjadi semisal terjadinya korupsi, penggelapan pajak, adanya kerjasama antara wajib pajak dan aparat pajak terkait dengan manipulasi jumlah pajak yang dibayarkan.

Aparat pemungut pajak harus menunjukkan integritas, komitmen, kompetensinya dalam melaksanakan tugasn pemungutan pajaknya. Dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap aparat pemungut pajak, pemerintah harus konsisten menerapkan tata kelola yang baik, transparansi,reputasi staff,pemantauan/audit yang transparan baik secara internal maupun eksternal. Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap aparat pemungut pajak menjadi faktor yang sangat menentukan dalam meningkatkan kepatuhan dan kesadaran masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak.

Masyarakat harus terlibatkan dalam upaya membangun keadilan pajak dengan cara melaporkan pelanggaran perpajakan yang mereka ketahui dan mendukung upaya pemerintah dalam menegakkan hukum perpajakan.Pemerintah perlu meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara, sehingga masyarakat dapat melihat secara langsung bagaimana dana pajak yang mereka bayarkan digunakan.

Untuk membangun keadilan pajak dan mengatasi masalah penunggak pajak korporasi, diperlukan berbagai upaya, antara lain Pemerintah harus meningkatkan penegakan hukum terhadap penunggak pajak korporasi dengan cara yang tegas dan adil. Hal ini dapat dilakukan dengan memperkuat aparat penegak hukum, meningkatkan akses informasi perpajakan, dan menerapkan sanksi yang lebih tegas bagi para penunggak pajak.

Membangun keadilan pajak merupakan upaya yang penting untuk menciptakan sistem perpajakan yang adil dan merata. Upaya ini harus dilakukan secara komprehensif dan berkelanjutan dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah, aparat penegak hukum, masyarakat, dan dunia usaha. Dengan membangun keadilan pajak, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan negara, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang adil dan merata.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image