Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Haba L Herlambang Banjarnahor

Probabilitas Kemenangan Blackjack dalam Matematika

Games | Tuesday, 28 May 2024, 22:56 WIB

Blackjack atau biasa dikenal sebagai 21 adalah sebuah permainan kartu yang biasanya di mainkan dari 2 sampai dengan 7 orang pemain. Dalam permainan ini, tujuan kita agar menang adalah dengan mengumpulkan kartu senilai 21 atau juga bisa dengan mengalahkan kartu dealer (nilai kartu kita lebih besar daripada kartu dealer dan tidak boleh lebih dari 21). Di dalam blackjack sendiri biasanya di gunakan 1 sampai 8 deck kartu (1 deck berisi 52 kartu dengan 4 kartu As, 12 kartu bergambar, dan 36 kartu bernomor) dan pada awal permainan biasanya kita akan diberikan 2 kartu secara acak oleh dealer. Jika pada awal permainan kartu yang kita miliki langsung bernilai 21 maka kita dikatakan sudah memenangkan permainan. Namun, apabila pada awal permainan kartu kita kurang dari 21, maka untuk memenangkan permainan kita perlu untuk menambah kartu lagi dengan tujuan untuk mencapai nilai 21 ataupun dengan tujuan lain untuk mengalahkan kartu si dealer.

Pada bagian awal kita sudah membahas secara singkat mengenai blackjack, dan mungkin ada terbesit di pikiran kita mengenai berapa sih peluang untuk mendapatkan kartu bernilai 21 di awal permainan? Nah, berdasarkan teori peluang apabila kita ingin menghitung berapa peluang kita mendapatkan kartu 21 di awal permainan kita bisa menggunakan rumus sebagai berikut.

Sebagai contoh, hitunglah berapa probabilitas dari 1 deck kartu untuk mendapatkan kartu bernilai 21 pada pemberian dua kartu pertama? Nah, berdasarkan rumus di atas, kita bisa mengaplikasikannya secara langsung sebagai berikut.

Nah, hasil 4,82% ini merupakan probabilitas kita mendapat kartu bernilai 21 di pembagian 2 kartu awal, atau dalam artian dari 100 kali bermain kita ada kemungkinan 5 kali mendapat kartu bernilai 21. Nah, mungkin dari kita ada terpikir kalau misalkan ada 10 deck, maka kemungkinan untuk mendapatkan kartu bernilai 21 semakin kecil dong? Nah, disini kita akan coba membuktikan hal tersebut.

Diperoleh untuk 10 deck, probabilitas mendapatkan kartu 21 di pembagian 2 kartu pertama adalah 4,74%.

Nah, jika kita lihat dengan semakin banyak deck, memang probabilitas mendapatkan kartu bernilai 21 menurun, tetapi untuk probabilitas mendapatkan kartu bernilai 21 masih berada di antara 4%-5%, sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa semakin banyak deck tidak terlalu berpengaruh dengan kemungkinan kita untuk mendapatkan kartu bernilai 21.

Sekian sedikit matematika di balik permainan "Blackjack", sebagai Penulis saya hanya bisa menyarankan anda untuk menghindari mempertaruhkan uang anda dalam permainan ini, karena bisa dibilang permainan ini sangatlah gambling dan kemungkinan untuk mendapatkan kartu bernilai 21 di dua kartu pertama sangatlah rendah. Oleh karena itu, sebaiknya anda jangan pernah mempertaruhkan uang anda di permainan ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image