Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Oase kata

Ketua IKALI Melepas Rombongan Camaba KDI Libya

Info Terkini | Tuesday, 18 Jan 2022, 09:23 WIB

Oleh : Imanuddin Kamil

Sekalipun kondisi sosial politik Libya belum benar-benar membaik, namun tidak menyurutkan semangat beberapa calon mahasiswa baru (Camaba) untuk kuliah di negeri Omar Mukhtar ini. Hal itu terlihat dari antusias Camaba yang berangkat ke Libya pada 12 Januari 2022 lalu.

Tercatat ada 33 Camaba yang berasal dari berbagai pelosok Indonesia diberangkatkan. Ke-33 Camaba tersebut adalah mereka yang telah dinyatakan lulus menjadi calon mahasiswa di Kuliyyah Da'wah Islamiyyah (KDI) Tripoli Libya. Setelah sebelumnya mengikuti serangkaian seleksi penyaringan administratif maupun ujian.

Proses perekrutan mahasiswa ini dilakukan oleh KDI sendiri dibantu kesatuan mahasiswa masing-masing negara yang kuliah di sana. Untuk Indonesia nama kesatuan mahasiswanya yaitu KKMI (Kesatuan Keluarga Mahasiswa Indonesia). Selama ini KKMI aktif membantu proses perekrutan mahasiswa baru di Indonesia dan bekerja sama dengan sebuah lembaga pendidikan yang kebetulan dikelola salah seorang alumni KDI Suriah.

Kebijakan pemerintah Indonesia sendiri sebetulnya tidak merekomendasikan warganya berangkat ke Libya yang saat ini kondisinya dinilai belum kondusif. Paling tidak sampai terselenggaranya pemilu di negara tersebut yang akan digelar awal tahun ini. Sebelumnya Libya akan menyelenggarakan pemilu pada akhir tahun 2021. Namun gagal terlaksana dan diundur menjadi awal tahun ini.

Demikian sebagaimana terungkap dari percakapan via telepon KUA KBRI Libya dengan senior IKALI KH. Muhyiddin Junaidi. Bahwa Kemlu RI tetap mengutamakan keselamatan warga negara agar tidak masuk Libya sampai pemilu 2022. Meski demikian, pihak KBRI bersama KKMI terus memantau perkembangan terkini di lapangan sebelum pemilu yang terus tertunda.

Setelah menunggu hampir 5 bulan lamanya, pasca pengumuman kelulusan pada September 2021, akhirnya keberangkatan 33 Camaba KDI benar-benar terwujud. Acara pelepasan keberangkatan dan pembekalan Camaba 2022 digelar pada 11-12 Januari 2022 di hotel Sofyan Jakarta. Kegiatan ini dihadiri pengurus teras IKALI (Ikatan Keluarga Alumni Libya) H. Imron Baihaqi, Lc., MA (Ketum) dan H. Abdul Jabbar, Lc., M.Si (Bendum) yang sekaligus menjadi sponsor keberangkatan rombongan Camaba melalui Fayyas Travel yang dikelolanya.

Ketua IKALI selanjutnya melepas rombongan Camaba pada hari Rabu 12/1/2022 di bandara Soetta. Adapun rute penerbangan yang dilalui adalah; Jakarta - Turki dan Turki - Libya. Rombongan transit terlebih dahulu di Turki. Di sana rombongan dibersamai dan dipandu oleh Dr. Ahmad Nubail, sebagai representatif IKALI di Turki. Dari Turki, rombongan melanjutkan penerbangan ke Libya dan tiba di bandara Tripoli dengan selamat pada hari Jum'at, 14/1/2022 pukul 18.00 waktu setempat. Mereka langsung disambut perwakilan KDI Libya dan difasilitasi menuju kampus KDI yang berada di pusat kota Tripoli.

KH. Muhyiddin Junaidi sebagai penasehat IKALI mengapresiasi kontribusi pengurus IKALI dalam memfasilitasi keberangkatan rombongan Camaba ini, sekaligus mendo’akan kesuksesan pada para calon mahasiswa KDI. “Alf Mabruk atas segala kerja keras, ikhlas dan tuntas. Semoga mereka kelak siap mengambil tongkat kepemimpinan nasional dengan penuh tanggung jawab dan pengkhidmatan.”

#Imanuddink@mil

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image