Pengaruh Media Sosial terhadap Kegiatan Bisnis

Image
Aisah Apriliani
Eduaksi | Monday, 17 Jan 2022, 12:20 WIB

Pada zaman yang semakin modern belakangan ini, mempengaruhi juga sebuah teknologi informasi mengalami kemajuan yang besar. Kemajuan ini dipengaruhi oleh pengetahuan yang semakin luas pada manusia. Adanya kemajuan pada kehidupan ini, dapat mempengaruhi sebuah cara hidup manusia juga semakin maju dan semakin modern. Media sosial merupakan alat untuk komunikasi dalam bentuk online yang mana memudahkan seseorang dalam berkomunikasi dengan orang lain dan dengan jarak jauh tanpa harus bertemu tatap muka secara langsung. Media sosial merupakan contoh kemajuan teknologi yang semakin maju dan canggih.

Apalagi di zaman yang semakin modern seperti sekarang ini. Hampir semua orang mempunyai yang namanya media sosial. Seseorang dengan orang lainnya dapat melakukan komunikasi jarak jauh melalui aplikasi yang diinginkan. sosial berbentuk seperti website atau berbagai macam aplikasi yang harus seseorang download terlebih dahulu agar aplikasi tersebut dapat dipasang dan digunakan pada perangkat.

Perkembangan media sosial sebagai alat bisnis sudah semakin modern pada zaman maju seperti sekarang ini. Berbeda pada zaman dulu, pada saat itu juga sudah ada media sosial namun belum secanggih seperti sekarang ini. Dahulu media sosial sangat terbatas waktu awal-awal dunia merintis atau menciptakan sebuah media sosial. Pada saat itu, media sosial juga belum terlalu berpengaruh pada bidang bisnis karena keterbatasan perangkat dan kendala lainnya.

Namun berkembang seiring perkembangan zaman, perangkat yang semakin banyak dan koneksi yang diciptakan oleh provider di Indonesia ini semakin lancer. Hal ini membuat para pelaku usaha atau bisnis mengembangkan usahanya dimedia sosial. Seorang pebisnis dapat melakukan penawaran atau memajang produk buatannya pada media sosial. Ini akan memudahkan pebisnis dalam menawarkan atau menjual produknya. Karena pebisnis dapat menjual produk melalui media sosial disamping seseorang menjual produk dikehidupan nyata.

Cara melakukan pemasaran pada produk jasa dimedia sosial sangat beragam. Dapat melalui platform seperti instagram, youtube, facebook, twitter, tiktok, dan aplikasi modern dan canggih lainnya. Di Indonesia, youtube sangat popular. Disana menyajikan konten-konten yang diciptakan oleh banyak orang untuk hiburan bahkan banyak untuk melakukan bisnis. Misalnya, dapat membuat konten untuk menawarkan produk oleh pebisnis. Promosi atau pengenalan produk dapat dilakukan di youtube ini. Kemudian, dapat juga menawarkan produk melalui aplikasi facebook. Aplikasi ini sudah sangat popular sejak zaman dahulu, sejak aplikasi lainnya belum popular seperti sekarang ini. Jumlah pengguna facebook yang banyak juga menjadi alasan bagi pebisnis dalam melakukan kegiatan promosi produk. Di facebook ini, seseorang dapat menjual produknya dengan edisi sendiri atau dengan keinginan sendiri. Hal ini karena didalamnya terdapat fitur-fitur yang semakin berkembang. Selain itu, terdapat pula aplikasi tiktok.

Aplikasi tiktok menjadi aplikasi paling populer belakangan ini. Pengguna aplikasi ini sangat banyak. Oleh pebisnis, dapat digunakan sebagai tempat menawarkan barang. Misalnya, para artis melakukan endors barang di tiktok. Dapat dikatakan bahwa hal ini sangat menguntungkan karena semakin banyak yang melihat maka semakin banyak orang yang mengetahui akan produk yang ditawarkan. Begitu juga dengan aplikasi modern lainnya yang dapat digunakan untuk menawarkan atau mengenalkan sebuah produk yang dibuat oleh pebisnis. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut, maka setiap orang dapat mengetahui dengan cepat dan mudah produk yang dihasilkan yang kemudian ditawarkan oleh si pebisnis.

Media sosial juga mempunyai sebuah kekurangan dan kelebihan sama seperti suatu hal lain. Kekurangan media sosial seperti cyber crime, kecanduan, bahkan sampai banyak menimbulkan hoax. Cyber crime dapat membuat orang menjadi jahat. Dalam artian, bisa jadi terdapat orang yang melakukan suatu kejahilan atau iseng dengan memanfaatkan media sosial. Misalnya seseorang dapat melakukan pembulian di media sosial seperti melakukan pembulian terhadap sesame teman melalui platform seperti whatshapp, instagram, faceebook, atau lainnya. Di dalam media sosial juga dapat menimbulkan sebuah hoax, bahkan rawan sekali dalam terciptanya sebuah hoax. Fitur media sosial yang lengkap, dapat membuat seseorang yang tidak bertanggung jawab dalam aksi jahatnya. Misalkan teerdapat sebuah berita yang belum tahu secara jelas asal usulnya namun seseorang yang tidak bertanggung jawab menyebarkan berita tersebut yang akhirnya akan menimbulkan kegaduhan pengguna sosial lain. Selain cyber crime dan hoax, media sosial juga dapat membuat seseorang kecanduan. Kecanduan media sosial (online) dapat membuat seseorang lupa akan kegiatan yang nyata.

Disamping kekurangan, media sosial juga terdapat berbagai kelebihan. Dalam media sosial, terdapat banyak sebuah informasi yang dimana awalnya seseorang tidak tahu akan menjadi tahu setelah membuka dan mengakses media sosial. Manusia juga dapat mengekspresikan dirinya melalui media sosial. Bagi seorang pebisnis, media sosial sangat penting untuk mempromosikan sebuah produknya agar berkembang pesat dan banyak yang mengetahui kemudian meminatinya. Manusia juga dapat belajar hal-hal baru yang positif dan dapat dengan mudah menemukan sebuah bantuan jika mengalami kesulitan dalan suatu hal. Karena di media sosial terdapat banyak teman yang dapat memberikan saran atau bahkan usulan ide sebuah bisnis atau ide untuk menginovasi sebuah produk.

Dengan media sosial, akses informasi antara masyarakat dan pebisnis juga sejalan. Mejual produk melalui media sosial dapat tersebar secara luas dan cepat tanpa harus melakukan kegiatan fisik yang berat karena hanya membutuhkan perangkat dan aplikasi yang dapat diakses dari berbagai tempat sekalipun hanya dirumah saja. Hal ini menimbulkan respon atau tanggapan pebisnis terkait fenomena pemasaran produk melalui media sosial. Dengan adanya media sosial ini, pebisnis dapat dengan mudah memposting didalam platform terkait produknya dalam waktu yang cepat. Kemudian, dapat menjadikan sebuah bisnis baru bagi yang sudah memiliki bisnis lain bahkan bagi yang sama sekali belum memiliki bisnis. Ini dapat memanfaatkan internet untuk mencari sebuah ide atau meminta saran orang lain sesame pengguna media sosial.

Untuk memaksimalkan sebuah produk jasa dalam bisnis, sebaiknya dilakukan promosi yang gencar oleh pengusaha atau pebisnis. Promosi tidak harus selalu hanya di unggah barangnya pada platform tapi untuk menarik pembeli dapat diterapkan diskon diawal penjualan sehingga masyarakat dapat tertarik yang mana hal ini akan mebuat pendapatan pengusaha atau pebisnis semakin banyak. Produk juga akan semakin pesat dan banyak orang mengetahui produknya sampai tertarik dan membeli produk yang diciptakan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kumpulan Caption Instagram Sad Girl Terbaru 2022

Image

Fitur Canggih Mango Live Mod Apk New Version 2022

Image

Bersama Dinas Perpustakaan, Rutan Majene Akan Tanda Tangani MoU Senin Mendatang

Image

YTMP3: 10 Cara Mudah Download Video Youtube To Mp3 For Android Gratis

Image

Y2Mate, Tanpa Aplikasi Download Mp3 YouTube Super Mudah

Image

YTMP3: Download Musik YouTube Jadi MP3 Cukup di Chrome HP

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image