Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Anggi

Turunnya Nilai Tukar Rupiah karena Banyaknya Uang yang Beredar dalam Negeri

Bisnis | Friday, 26 Apr 2024, 01:02 WIB
https://images.app.goo.gl/4xqP1hUZ4gTKqkHs9

Seperti halnya negara Zimbabwe yang memiliki nilai tukar mata uang yang rendah. Jika bank central banyak meencetak uang untuk diedarkan di masyarakat dan uang yang beredar lebih banyak daripada uang yang dibutuhkan maka inflasi akan terjadi dan menyebabkan negara menjadi semakin kehilangan nilai tukar dari matauang nya sendiri.

Dampak yang akan muncul apabila nilai tukar rupiah yang rendah salah satunya adalah terasa mahalnya produk impor karena adanya inflasi. Naiknya harga barang impor akan menyebabkan masyarakat memilih beralih ke produk lokal. Ini juga akan berdampak pada dunia bisnis seperti memproduksi barang yang bahannya sebagian ada yang dari impor.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image