Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Andriani S

Kenali Jenis - Jenis Stiker Label Untuk Meningkatkan Kualitas Promosi

Bisnis | Wednesday, 24 Apr 2024, 23:48 WIB

Stiker merupakan salah satu media promosi paling ekonomis yang banyak digunakan untuk berbagai tujuan. Harganya yang terjangkau membuat stiker cukup populer di kalangan pengusaha, baik Usaha Kecil Menengah (UKM) maupun usaha besar, sebagai strategi promosi dan branding.

Banyak pelaku usaha, terutama UKM, memanfaatkan stiker semaksimal mungkin, baik sebagai label kemasan produk yang dijual maupun sekadar merchandise bagi pelanggan. Harapannya, stiker yang diberikan ke pelanggan tersebut akan ditempel dan dibaca orang banyak, misalnya stiker di mobil atau helm. Jika desain stiker menarik, ada potensi orang-orang yang melihatnya menjadi tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Jika Anda seorang pengusaha yang ingin memanfaatkan stiker untuk promosi, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui, salah satunya jenis dan bahan stiker label kemasan yang akan digunakan. Sebelum itu, pastikan Anda paham dulu definisi stiker label.

Pengertian Stiker Label

Stiker label merupakan komponen yang digunakan untuk mencantumkan informasi terkait sebuah produk, seperti komposisi, kandungan gizi, kontak produsen, hingga tanggal kadaluarsa. Meskipun kecil, stiker label memiliki fungsi penting, tidak hanya memberikan informasi bagi konsumen, tetapi juga berperan sebagai identitas yang membedakan produk dengan produk kompetitor.

Karena itu, para pelaku usaha sangat disarankan untuk mencantumkan stiker label pada kemasan produk yang dijual agar konsumen dapat menentukan pilihan produk berdasarkan informasi lengkap di stiker label. Semakin lengkap informasi pada stiker label, semakin baik karena berpotensi meningkatkan penjualan secara maksimal.

Dengan kata lain, stiker label berperan strategis bagi para pelaku usaha. Selain memberikan informasi produk kepada konsumen, stiker label juga berfungsi sebagai identitas produk serta berpotensi meningkatkan penjualan jika informasi yang tercantum lengkap dan jelas.

Profil Singkat Kahar Duta Sarana

Kahar Duta Sarana (KDS) adalah perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1979, dengan visi menjadi perusahaan yang kompeten dan profesional dalam menyediakan solusi label dan Auto ID berkualitas tinggi. Didirikan oleh Bapak H. Koendjono Harjadi, KDS telah tumbuh pesat selama lebih dari empat dekade, menjadi mitra terpercaya bagi berbagai industri di Indonesia. KDS memiliki fokus bisnis yang beragam, meliputi Industrial Solutions, Retail Solutions, Enterprise Solutions, dan Property Development. Dengan lebih dari 400 karyawan yang berdedikasi dan sertifikasi ISO 9001, KDS berkomitmen untuk memberikan solusi terbaik dan inovatif kepada pelanggannya. Fokus terhadap kepuasan pelanggan menjadi budaya perusahaan yang terus dikembangkan oleh KDS.

Jenis-Jenis Stiker Label

Stiker kini menjadi salah satu media promosi offline paling efektif dan digemari oleh pengusaha maupun pelaku industri kecil. Selain mudah didapatkan, harga stiker juga terbilang cukup terjangkau. Jika dulu stiker umumnya hanya berbentuk kotak dan lingkaran, kini dengan kemajuan teknologi printing dan digital muncul beragam variasi stiker dengan berbagai kegunaan.

Melalui artikel ini kami akan merangkum beberapa jenis bahan stiker berkualitas agar bisa menjadi panduan dalam memilih bahan stiker sesuai kebutuhan media promosi untuk bisnis atau usaha Anda.

Terdapat 15 jenis stiker yang masing-masing memiliki keunikan, atribut dan peran tersendiri. Berikut jenis stiker tersebut antara lain:

1. Stiker Polypropylene Putih/Jernih

Lembaran perekat polipropilena adalah jenis stiker tembus pandang yang terbuat dari bahan plastik polipropilena. Stiker jenis ini memiliki ciri khas berupa lapisan tipis, bening dan transparan seperti kaca.

Meski ringan dan ramping, stiker polipropilena dikenal memiliki daya rekat yang kuat serta tahan terhadap suhu dan air. Namun kelemahannya adalah tidak cocok digunakan di luar ruangan karena rentan terhadap sinar UV dan cuaca ekstrim. Stiker ini biasanya diproduksi melalui teknik pemotongan die cut maupun kiss cut.

2. Stiker Vinyl Static / Statis

Stiker vinil merupakan jenis stiker yang kerap digunakan dalam digital printing di Indonesia. Stiker ini umumnya memiliki permukaan mengkilap atau glossy dengan warna dasar putih.

Ada jenis khusus stiker vinyl yang disebut Stiker vinyl statis, yaitu stiker yang menggunakan perekat khusus sehingga mampu menempel kuat pada permukaan licin dan rata seperti plastik, kaca dan gelas. Stiker vinil statis dikenal memiliki daya rekat dan ketahanan yang tinggi dibandingkan stiker pada umumnya.

Berbeda dengan stiker pada umumnya, stiker vinil statis menggunakan perekat elektrostatis alih-alih lem atau perekat adhesive. Oleh karena itu, stiker ini dapat dilepas dan dipasang kembali dengan mudah pada permukaan manapun. Posisinya juga dapat diatur ulang sewaktu-waktu.

3. Stiker Vinyl Putih Susu

Stiker vinyl warna putih susu adalah jenis stiker favorit yang kerap digunakan. Berbeda dari stiker lain, stiker ini memiliki ciri khas yaitu sifatnya tidak tembus cahaya. Bahan dasar yang digunakan tidak dapat ditembus cahaya, memiliki daya tahan tinggi dan tahan terhadap cuaca ekstrim.

Stiker vinyl putih susu banyak diaplikasikan baik di dalam maupun di luar ruangan. Stiker ini dapat melekat pada berbagai jenis objek. Seringkali ditempelkan pada kendaraan atau objek di luar ruangan. Selain itu, stiker vinil ini juga dapat digunakan untuk sablon pada kain sutra.

4. Stiker Poliester

Stiker poliester memiliki stabilitas dan ketahanan yang kuat terhadap cuaca ekstrim serta kelembaban udara. Stiker ini juga tahan terhadap oli dan pelarut kimia. Stiker polyester sangat cocok digunakan di luar ruangan dengan bantuan perekat khusus berkekuatan tinggi sehingga mampu melekat pada permukaan yang dianggap sulit.

5. Stiker Kromo

Stiker kromo dibuat dari kertas kromo yang dilapisi lem perekat dengan daya rekat tinggi, sehingga sulit untuk dilepas dan cenderung meninggalkan sisa lem jika dipaksakan untuk dibuka. Sehingga bisa dimanfaatkan sebagai segel pada produk.

Karena harganya lebih murah dibandingkan stiker vinil, stiker kromo banyak digunakan terutama untuk aplikasi dalam ruangan seperti mencetak logo atau merek pada kemasan produk atau untuk dibagikan kepada pelanggan.

6. Stiker Bontax

Stiker bontax merupakan jenis stiker berbahan dasar kertas dengan daya rekat yang sangat kuat, bahkan lebih kuat ketimbang stiker HVS. Karena terbuat dari kertas, stiker ini rentan terhadap air sehingga biasa digunakan untuk label produk kering.

Agar tidak mudah rusak dan lebih tahan air, biasanya dilakukan laminasi dalam proses pembuatannya menggunakan mesin laminasi panas dengan bahan laminating roll berbiaya rendah.

7. Stiker HVS

Sesuai namanya, stiker HVS dibuat dari kertas HVS yang diberi lapisan perekat di bagian belakangnya. Karakteristiknya sama dengan kertas HVS pada umumnya, hanya saja memiliki daya rekat yang lemah sehingga mudah terkelupas.

Agar tampilan lebih menarik dan tahan lama, biasanya dilakukan laminasi stiker HVS dengan plastik doff atau glossy agar tidak mudah rusak terkena cairan atau kotoran.

8. Stiker Oracal

Stiker Oracal merupakan salah satu merek stiker berbahan PVC vinil berkualitas tinggi produksi Jerman. Terdapat beragam seri stiker Oracal dengan kualitas dan karakteristik berbeda di pasaran.

Stiker Oracal kerap digunakan untuk keperluan yang membutuhkan ketahanan tinggi, sehingga cocok diaplikasikan outdoor seperti wrapping mobil dan motor. Sedangkan jenis transparent, biasa pakai neon box.

9. Stiker Yupo

Stiker Yupo adalah stiker sintetis yang sangat kuat, tahan panas, minyak, dan tidak melar sehingga banyak dipakai untuk label botol oli, sampo, sabun, stiker barcode, dll. Beda dengan stiker vinyl yang mudah melar jika kena panas dan bisa merusak pola barcode.

Kekurangannya, stiker ini kurang lentur sehingga tidak cocok untuk permukaan berlekuk.

10. Stiker Scotchlite

Stiker scotchlite merupakan jenis stiker reflektif yang mampu memantulkan cahaya sehingga akan nampak berkilauan ketika dikenai sorotan lampu. Sehingga banyak digunakan untuk keperluan keamanan dan safety contohnya pada kendaraan, baju safety, rambu lalu lintas.

11. Stiker Foil Emas dan Perak

Stiker foil dicetak menggunakan bahan foil emas atau perak sehingga memiliki efek metalik pada tulisan dan gambarnya. Terdapat pula warna foil merah metalik, biru metalik dan lainnya.

Cara membuatnya adalah mencetak stiker terlebih dahulu dengan printer laser, lalu letakkan foil plastik di atas cetakan dan laminasi. Maka cetakan laser tersebut akan berubah warnanya menjadi metalik.

Disarankan menggunakan jenis kertas tahan panas agar tidak mudah rusak saat dilaminasi.

12. Stiker Kraft

Stiker kraft terbuat dari kertas kraft coklat yang diberi perekat di bagian belakangnya. Sama seperti kertas kraft, stiker ini tidak tahan air dan mudah sobek meski memiliki tampilan unik berkesan vintage.

13. Stiker Fosfor

Stiker fosfor mengandung lapisan fosfor yang menyerap cahaya lampu atau matahari lalu menyimpannya untuk menyala dalam gelap. Banyak digunakan pada produk yang sering dipakai dalam kondisi gelap seperti helm dan senter.

14. Stiker Metalize

Berbeda dengan stiker foil, stiker metalize termasuk jenis stiker vinyl dengan lapisan metalik emas atau perak. Jadi yang berkilau adalah kertas stikernya, bukan cetakan tinta di atasnya.

15. Stiker One Way

Stiker one way memiliki tekstur berlubang-lubang sehingga hanya bisa dilihat gambarnya dari satu sisi dan tembus pandang di sisi lainnya. Biasa disebut stiker perforasi dan banyak diaplikasikan pada kaca mobil atau gedung agar penghuni di dalam dapat melihat keluar dengan jelas sementara orang luar tidak bisa melihat ke dalam.

F. A.Q

1. Apa saja jenis-jenis stiker dan label yang ditawarkan oleh Kahar Duta Sarana?

Kahar Duta Sarana menyediakan beragam jenis stiker dan label seperti stiker vinyl, stiker kertas, label barcode, label hologram, dan lainnya.

2. Pertanyaan: Bahan stiker apa yang paling cocok untuk produk saya?

Anda bisa berkonsultasi dengan tim Kahar Duta Sarana untuk menentukan jenis stiker terbaik sesuai kebutuhan dan jenis produk Anda. Faktor penting yang perlu dipertimbangkan antara lain aplikasi outdoor/indoor, ketahanan cuaca, dan tampilan yang diinginkan.

3. Bagaimana cara pemesanan stiker dan label di Kahar Duta Sarana?

Pemesanan stiker dan label di Kahar Duta Sarana bisa dilakukan dengan menghubungi customer service kami melalui telepon, email, WhatsApp atau datang langsung ke outlet terdekat. Informasikan jenis dan spesifikasi stiker yang Anda butuhkan.

PT Kahar Duta Sarana

Jl. Raya Poncol, RT.1/RW.7, Susukan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13750

Telp: +62218711266

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image