Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yulianita Putri Pangaribuan

Pemangkasan Biaya Transaksi dengan Pemanfaatan Teknologi

Teknologi | Monday, 15 Apr 2024, 11:09 WIB
Sumber : Freepik

Teknologi yang semakin berkembang kian masa ke masa, memudahkan kehidupan masyarakat untuk beraktivitas di kehidupan sehari-hari. Penggunaan teknologi pun bukan lagi menjadi sebuah pilihan melainkan keharusan. Sehubungan dengan itu pula muncul kesempatan bagi kita agar dapat memanfaatkan perkembangan teknologi itu sebagai peluang besar bagi sektor bisnis untuk meminimalisir biaya operasional. Salah satu yang bisa diuntungkan secara signifikan yaitu penekanan biaya transaksi.

Biaya transaksi adalah biaya yang dikeluarkan selain daripada biaya produksi. Hal ini mencakup biaya pertukaran seperti biaya pertukaran barang atau jasa dan pertukaran informasi, kemudian biaya negosiasi, biaya koordinasi, biaya pelaksanaan, biaya monitoring, serta biaya risiko. Biaya transaksi harus dapat diidentifikasi oleh seorang pelaku usaha karena biaya ini dapat mengurangi sebuah keuntungan usaha atau inefisiensi keuntungan yang akan diterima oleh pelaku usaha. Untuk itu agar membawa efisiensi yang lebih besar dalam sebuah usaha, berikut beberapa strategi untuk menekan biaya transaksi dengan inovasi teknologi yang berkembang sekarang ini.

  • Penggunaan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan

AI menjadi teknologi yang marak dibicarakan dan digunakan akhir-akhir ini. Kecerdasan buatan ini merupakan program yang dapat berinteraksi, mengambil keputusan ataupun pilihan, memecahkan masalah yang kompleks, dan melakukan prediksi, ini dirancang layaknya otak manusia. AI dapat membantu dalam menganalisis transaksi dengan cepat dan akurat tanpa bantuan manusia. Dalam dunia perbankan dan keuangan, AI membuat keputusan kredit yang secara cepat, akurat, dan efisien sehingga mengurangi biaya yang terkait dengan proses peminjaman uang, meminimalisir kesalahan serta juga mengurangi kebutuhan akan tenaga kerja manusia untuk tugas rutin dan berulang. Ini berarti biaya operasional bisa dipangkas yang mengurangi biaya keseluruhan dalam melakukan transaksi bisnis.

Sistematis AI yang berbasis Chatbot dapat menangani pertanyaan sehari-hari tanpa perlu intervensi manusia, sehingga memungkinkan staff untuk fokus pada tugas-tugas yang lebih kompleks dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal ini menunjukkan kecerdasan buatan tidak hanya membantu perusahaan memangkas biaya, tetapi juga meningkatkan kecepatan, akurasi, dan kualitas layanan mereka. Dengan biaya operasional yang lebih rendah dan efisiensi yang lebih tinggi, perusahaan bisa lebih kompetitif dan inovatif

  • Menggunakan Platform e-commerce

E-commerce merupakan wadah untuk melakukan kegiatan jual-beli produk, melakukan transaksi, dan lain sebagainya dengan menggunakan bantuan jaringan internet. Media yang digunakan platform e-commerce ini dapat berupa aplikasi maupun situs web. Produsen atau pelaku usaha dapat menjual barang atau jasanya secara langsung ke konsumen melalui internet tanpa perlu memiliki toko fisik maupun bertemu secara langsung. Ini secara signifikan memangkas biaya transaksi, biaya yang terkait dengan sewa ruang, tagihan utilitas, dan biaya pemeliharaan.

Melalui program yang ada, platform e-commerce dapat memberikan informasi berharga tentang perilaku pembeli, preferensi, dan tren pembelian. Hal ini bisa digunakan untuk memperbaiki strategi pemasaran dan penjualan, menargetkan iklan dengan lebih baik, dan menyediakan penawaran yang lebih disesuaikan, yang pada akhirnya meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya pemasaran. platform jual beli online juga membantu bisnis mencapai audiens yang lebih luas dengan lebih efisien. Platform online dengan sistem terbuka dan dapat diakses oleh siapa saja dengan koneksi internet, memungkinkan bisnis untuk menjangkau pelanggan di luar area geografis lokal mereka. Sehingga membuka peluang pasar yang lebih besar tanpa biaya tambahan yang signifikan yang seharusnya terlibat jika melakukan ekspansi fisik.

  • Sistem Pembayaran Digital

Pembayaran digital merupakan proses pembayaran yang menggunakan uang elektronik. Sistem pembayaran digital adalah alat yang sangat efektif untuk mengurangi biaya transaksi dalam usaha. Sistem pembayaran digital berupa transfer bank, scan QR, dan dompet elektronik. Ketika perusahaan menggunakan pembayaran berbasis digital, hal ini meminimalkan kebutuhan untuk transaksi tunai atau manual, dimana hal ini sering kali memakan waktu dan sumber daya. Misalnya, dengan pembayaran digital, proses pembayaran menjadi cepat dan otomatis, mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengelola uang tunai dan juga mengurangi kesalahan manusia yang dapat terjadi selama proses transaksi dan memungkinkan memunculkan biaya.

Pembayaran digital meminimalisir biaya yang terkait dengan pengolahan pembayaran tradisional, seperti biaya administrasi bank atau biaya kartu kredit. Karena transaksi dilakukan secara digital dan otomatis, biaya operasional yang diperlukan untuk memproses transaksi berkurang. Dengan mengadopsi sistem pembayaran digital, bisnis dapat menikmati proses transaksi yang lebih efisien, aman, dan hemat biaya, membantu mereka menghemat uang dan meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

  • Blockchain

Blockchain adalah teknologi yang menyimpan data secara digital yang penggunaanya berkaitan dengan bitcoin dan cryptocurrency lainnya. teknologi ini memiliki potensi besar untuk mengurangi biaya transaksi dalam dunia bisnis. Blockchain adalah sistem pencatatan informasi yang aman dan tidak bisa diubah atau dihapus, sehingga memberikan transparansi yang tinggi. Ketika digunakan dalam bisnis, teknologi ini membantu mengurangi biaya dengan cara mengeliminasi kebutuhan akan perantara atau pihak ketiga yang biasanya diperlukan untuk memverifikasi transaksi. Selain itu, dengan menggunakan blockchain, semua transaksi dicatat dengan cara yang aman dan tidak dapat diubah, sehingga mengurangi risiko penipuan dan kesalahan yang dapat mengakibatkan biaya tambahan. Kontrak pintar otomatis memastikan bahwa semua syarat dan kondisi kontrak dipatuhi sebelum transaksi diselesaikan, mempercepat proses dan mengurangi kemungkinan sengketa, yang juga dapat menghemat biaya.

Penting bagi pelaku-pelaku usaha untuk dapat mengadopsi strategi berbasis teknologi yang berkembang saat-saat ini. Hal ini supaya, bisnis dan usaha dapat bertahan dalam kondisi ekonomi yang tidak menentu. Pelaku bisnis yang mampu menggunakan secara tepat akan mencapai efisiensi yang lebih besar, seperti mengurangi biaya operasional dalam hal ini biaya transaksi serta meningkatkan kepuasan pelanggan. Era digital telah memberi kita alat yang mempermudah dalam segala aktivitas kita sehingga penting bagi kita sekarang untuk merangkul perubahan teknologi yang berkembang ini dengan sebaik-baiknya dan memanfaatkannya secara maksimal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image