Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Cindy Evitriani

Penyebab Inflasi Terjadi

Bisnis | Friday, 12 Apr 2024, 19:49 WIB

Sumber: dokumen pribadi

Bicara tentang inflasi berarti bicara tentang peningkatan umum dan terus-menerus dalam harga barang dan jasa dalam perekonomian suatu negara, hal ini menyebabkan nilai uang menjadi menurun sehingga uang yang sama dapat membeli jumlah barang dan jasa yang lebih sedikit dari sebelumnya.

Inflasi dapat disebabkan oleh berbagai factor, seperti permintaan yang tinggi, biaya produksi yang meningkat, atau faktor-faktor eksternal seperti perubahan kurs mata uang atau harga komoditas global.

Inflasi mengukur seberapa mahal suatu kategori barang dan jasa tertentu dalam priode tertentu, biasanya satu tahun. Hal ini biasanya diukur secara luas, seperti kenaikan biaya hidup atau kenaikan harga secara keseluruhan. Inflasi mempunyai dampak positif dan negatif terhadap perekonomian, termasuk menurunnya daya beli, berkurangnya pengangguran, serta peningkatan belanja dan investasi.

Inflasi disebabkan oleh berbagai faktor termasuk akibat dari kebijakan moneter yang longgar. Misalnya, jika jumlah uang beredar lebih besardari ukuran perekonomian, nilai mata uang akan turun. Dalam situasi ini, daya beli menurunkan meski harga terus meningkat. Hubungan antara ukuran perekonomian dan jumlah uang beredar dikenal sebagai teori kuantitas uang.

Selain itu, tekanan juga dapat terjadi pada sisi permintaan dan penawaran perekonomian, sehingga menyebabkan inflasi.fenomena seperti bencana alam menyebabkan guncangan pasokan yang merugikan yang merugikan produksi sehingga menyebabkan peningkatan biaya produksi.

Hal ini mengakibatkan tingginya harga minyak, sehingga menurunkan tingkat pasokan, sehingga menyebabkan inflasi yang mendorongkan biaya, dimana gangguan pasokan menyebabkan kenaikan harga.

Terakhir, inflasi menjadi masalah karena mempengaruhi daya beli rumah tangga dan juga dapat menjadi bencana bagi perekonomian suatu negara. Pendapatan nominal suatu rumah tangga tidak meningkat pada tingkat yang sama dengan kenaikan harga. Keadaan menjadi lebih buruk karena kenaikan harga. Keadaan menjadi lebih buruk karena kenaikan harga mengikis daya beli sementara pendapatan tetap sama. Oleh karena itu, hal ini berarti bahwa rumah tangga hanya mampu membel lebih sedikit karena berkurangnya daya beli.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image