Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

Amalan untuk Wanita Haid atau Nifas di 10 Hari Terakhir Ramadan

Agama | Friday, 05 Apr 2024, 13:22 WIB
sumber gambar: freepik.com

Meskipun wanita yang sedang haid atau nifas dilarang berpuasa dan melakukan shalat, mereka masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan pahala dan mendekatkan diri pada Allah SWT selama 10 hari terakhir Ramadan. Berikut ini adalah beberapa amalan mulia yang dapat dilakukan oleh wanita yang sedang udzhur (berhalangan) di 10 hari terakhir Ramadan:

1. Perbanyak Dzikir

Meskipun tidak dapat melakukan ibadah fisik seperti shalat dan puasa, wanita yang sedang haid dapat menjaga kesucian hati dan pikiran mereka. Ini mencakup menjauhi hal-hal yang tidak bermanfaat atau negatif, serta memperbanyak dzikir, istighfar, dan membaca terjemah ayat-ayat suci Al-Quran.

2. Mendengarkan Tilawah Al-Quran

Wanita yang sedang haid dapat mendengarkan bacaan Al-Quran melalui murottal. Apalagi saat ini perkembangan zaman semakin maju, semakin mudah untuk mengakses murottal Al-Quran. Selain itu juga bisa sekaligus memperdalam pemahaman tentang Islam lewat siraman-siraman Rohani. Meskipun tidak dapat menyentuh mushaf, mendengarkan bacaan Al-Quran dengan hati yang khusyu juga memiliki nilai mulia di sisi Allah SWT.

3. Berdoa dan Bersedekah

Doa adalah senjata ampuh bagi setiap muslim, termasuk wanita yang sedang haid. Mereka dapat memperbanyak doa untuk memohon ampunan, keberkahan, keselamatan dan kebaikan bagi diri mereka sendiri, keluarga, dan mendoakan seluruh umat Islam. Selain itu, wanita yang sedang haid juga dapat bersedekah atau memberikan infak terbaik kepada yang membutuhkan untuk mendapatkan pahala dan membantu sesama.

4. Mengikuti Kajian atau Ceramah Agama

Wanita yang sedang haid dapat memanfaatkan waktu luang mereka untuk mengikuti kajian baik secara offline ataupun online. Ini membantu mereka untuk tetap terhubung dan semangat dalam menimba ilmu agama sehingga memperdalam pemahaman tentang Islam. Melalui kajian keagamaan, wanita yang sedang haid dapat terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan mereka kepada Allah SWT.

5. Memperbanyak Istighfar dan Tasbih

Mengingat pentingnya mengingat Allah SWT dalam setiap kondisi, wanita yang sedang haid dapat memperbanyak istighfar (mohon ampun) dan tasbih (pengucapan kalimat pujian). Dengan melakukan dzikir ini, mereka dapat membersihkan hati mereka dari dosa-dosa kecil dan mendekatkan diri pada Allah SWT. Termasuk di dalamnya tidak lupa untuk membaca dzikir pagi dan petang.

Meskipun ada sekelompok wanita yang berhalangan sebab haid atau nifas di bulan Ramadan. Mereka memang tidak dapat melakukan ibadah fisik seperti puasa dan shalat, tapi jangan bersedih hati. Rahmat Allah SWT selalu luas untuk hambaNya. Semua berhak mendapatkan Rahmat dan ampunan di bulan suci Ramadan. Para muslimah yang berhalangan masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan pahala dan mendekatkan diri pada Allah SWT di 10 hari terakhir Ramadan.

Dengan melakukan amalan-amalan mulia seperti di atas, semoga dapat memperoleh keberkahan dan kemuliaan bulan Ramadan di sisi Allah SWT.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image