Manfaat Mencatat Siklus Haid

Gaya Hidup  
Sumber: freepik.com
Sumber: freepik.com

Siklus haid merupakan perubahan alamiah yang dialami oleh wanita. Di mulai sejak wanita beranjak dewasa hingga saatnya menopouse. Setiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda serta dapat mengindikasi kondisi yang berbeda juga. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kita senantiasa mencatat siklus haid.

Saya pernah mengalami kondisi tidak mengetahui siklus haid tersebut. Di sebuah Rumah Sakit ketika saya konsultasi dengan dokter kandungan, dokter bertanya kepada saya kapan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). Cukup lama saya harus mengingat tanggal HPHT tersebut dan akhirnya dokter menyodorkan kalender. Setelah melihat kalender tersebut pun saya masih menerka-nerka tanggal yang pas.

Usai berkonsultasi, dokter tersebut memberi pesan kepada saya untuk selalu mencatat siklus haid saya. “Itu penting ya bu, catatlah selalu siklus haid ibu,” pesan dokter tersebut ketika sesi konsultasi berakhir. Kalau dipikir-pikir apa iya ya sepenting itu mencatat siklus haid? Hal sepele yang kadang sering luput bagi wanita.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Nah ternyata beberapa manfaat kita mencatat siklus haid antara lain adalah:

1. Membantu mengetahui masa subur

Mengutip dari laman halodoc.com bahwa biasanya masa subur wanita terjadi sekitar 12–16 hari sebelum masa haid berikutnya. Dengan kata lain, rata-rata wanita mengalami masa subur di antara hari ke-10 sampai hari ke-17 setelah hari pertama haid terakhir. Namun, hal tersebut berlaku bagi wanita yang memiliki siklus haid teratur 28 hari. Sedangkan bagi wanita yang memiliki siklus mestruasi tidak teratur, dapat terbantu dengan cara mencatatnya. Hal ini biasanya dilakukan oleh sebagaian besar pasangan yang memilih untuk melakukan program kehamilan. Dengan mencatat siklus haid maka akan diketahui masa ovulasi dan fertilitas.

2. Meningkatkan kehidupan bercinta suami istri

Ternyata dengan mengetahui siklus haid dapat meningkatkan romantisme rumah tangga. Biasanya pada minggu kedua atau ketiga siklus haid, kadar testosteron dan estrogen wanita akan meningkat sehingga mudah mencapai klimaks yang intens. Nah waktu tersebut sangat tepat untuk menciptakan romantisme di dalam kamar.

3. Mengetahui masa produktif

Pada siklus haid juga terdapat waktu-waktu yang membuat wanita lebih produktif. Menurut seorang dokter kandungan, wanita akan merasa lebih produktif pada minggu kedua setelah haid selesai. Pada saat itu, hormon esterogen dalam tubuh sedang meningkat. Waktu ini juga berguna bila kita mau berolahraga karena peningkatan hormon esterogen dalam tubuh dapat memberi banyak energi bagi kita saat berolahraga.

4. Mendeteksi penyakit

Dengan mengetahui teratur atau tidaknya siklus haid karena kita akan tahu seberapa lancar atau tidaknya jadwal haid setiap bulannya. Maka kita juga dapat memprediksi ada atau tidaknya gangguan dalam organ kewanitaan. Hal tersebut menjadi sinyal bagi kita apakah perlu ada tindakan lanjut untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis. Perlu kita ketahui bahwa siklus haid terpendek dari wanita biasanyanya 24 hari dan yang terpanjang adalah 32 hari.

Jadi bagaimana? Sudahkan sobat Ramenten mencatat siklus haid dengan tepat? Saat ini banyak juga aplikasi dari gadget yang bisa kita unduh untuk memudahkan mencatat siklus haid lho...

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

RAMENTEN singkatan Rame-rame Nulis Konten. Sing nulis ada Mbak Tania, Mbak Asty, dan Mbak Dian. Selamat menikmati tulisan kami. Monggo di follow yo!

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image