Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Anuk Kuswanti

Pesantren Ramadan Sarana Ideal Tingkatkan Kualitas Kuantitas Ibadah Siswa MTsN 1 Bantul

Agama | Saturday, 30 Mar 2024, 21:23 WIB
Para siswa antusias menyimak paparan pemateri pada Pesantren Ramadan

Bantul (MTsN 1 Bantul)- Pelaksanaan Pesantren Ramadhan tahun 1445 H telah dilaksanakan di Musala Daarul ‘Ilmi kompleks MTs N 1 Bantul Kamis (28/03/24). Kegiatan ini diikuti oleh siswa putra kelas 7 dan 8. Kedatangan siswa ke madrasah pada pukul 14.30 WIB

Pelaksanaan pesantren diawali presensi. Kegiatan ini tidak hanya melibatkan peserta didik saja, tetapi juga melibatkan seluruh komponen guru dan karyawan. Guru dalam kegiatan sebagai pemateri juga sebagai pengawas.

Melalui pesantren Ramadan guru dapat memberikan kajian penanaman nilai agama, adab dan akhlak serta fikih khususnya ibadah salat. Di samping itu pesantren Ramadan juga merupakan sarana ideal untuk meningkatkan kualitas dan kwantitas amal ibadah peserta didik.

Guru dapat mengambil peran strategis untuk mendidik rohani peserta didik. Inilah bulan pendidikan (Syahrul Tarbiyah) untuk membina moral dan karakter peserta didik agar dapat menjadi insan yang bertakwa.

Tampak begitu antuias kehadiran siswa putra di madrasah. Barang kali ini salah satu pengalaman pertama merasakan kegiatan di dunia kepesantrenan yang selama ini belum pernah diketahui dan dirasakan. Terlihat begitu tertib saat siswa berdatangan yang berkeinginan mengikuti kegiatan tersebut. Siswa kemudian menuju ke ruang yang sudah ditetapkan panitia. Kegiatan diawali salat ashar berjemaah, membaca asma’ul husnah. Dilanjutkan kegiatan berikutnya sesuai agenda kegiatan dari panitia. (rim)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image