Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Olahraga Dapat Membantu Menjaga Keterampilan Berpikir Tetap Tajam

Gaya Hidup | Tuesday, 19 Mar 2024, 18:32 WIB
Olahraga meningkatkan kesehatan pikiran. Foto: harvard.edu.

BUKAN rahasia lagi, olahraga membawa seabrek manfaat kesehatan, yang pada gilirannya berimplikasi positif pada tubuh dan pikiran kita.

Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut beberapa manfaat besar olahraga terhadap kesehatan tubuh dan pikiran kita

Kesehatan jantung

Aktivitas fisik yang teratur memperkuat jantung dan meningkatkan sirkulasi. Ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Menjaga berat badan

Olahraga membantu menjaga berat badan yang sehat dengan membakar kalori dan meningkatkan metabolisme.

Memperkuat otot dan tulang

Aktivitas seperti angkat beban dapat merangsang pembentukan otot bila dibarengi dengan asupan protein yang cukup. Olahraga juga membantu membangun kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis seiring bertambahnya usia.

Menjaga kesehatan mental

Aktivitas fisik diketahui dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Ini melepaskan endorfin, yang menciptakan perasaan bahagia dan euforia.

Menjaga fungsi kognitif

Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu menjaga keterampilan berpikir, belajar, dan menilai tetap tajam seiring bertambahnya usia. Hal ini juga dapat mengurangi risiko berkembangnya kondisi penurunan kognitif seperti penyakit Alzheimer.

Meningkatkan kualitas tidur

Olahraga dapat membantu kita tertidur lebih cepat dan memperbaiki kualitas tidur, asalkan dilakukan tidak terlalu dekat dengan waktu tidur.

Meningkatkan harapan usia

Aktivitas fisik yang teratur dikaitkan dengan umur yang lebih panjang. Bahkan, olahraga dalam jumlah sedang pun dapat membuat perbedaan yang signifikan.

Menjaga sistem imun

Olahraga teratur dan moderat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi.

Mencegah penurunan mobilitas dan fleksibilitas

Olahraga membantu menjaga fungsi fisik dan dapat mencegah menurunnya mobilitas dan fleksibilitas seiring bertambahnya usia.

Memperbaiki kualitas hidup

Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Pasalnya, olahraga meningkatkan kemampuan diri kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari, meningkatkan tingkat energi, dan meningkatkan suasana hati secara keseluruhan.***

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image