Perhitungan dengan analisis statistik
Pendidikan dan Literasi | 2024-03-12 04:45:16
Dilansir dari Tegtarget, statistic analisis merupakan kumpulan dan interpretasi dari data dengan tujuan untuk menemukan pola dan tren. Analisis statistik bisa digunakan untuk mengumpulkan interpretasi penelitian, membuat survei dan studi, serta pemodelan statistik. Selain itu, juga bisa dimanfaatkan untuk business intelligence perusahaan yang mengharuskan bekerja dengan jumlah dan volume data yang besar.
Tujuan dari perhitungan dengan analisis statistik adalah untuk menemukan informasi yang berguna dan dapat digunakan sebagai dasar dalam pengambilan kesimpulan atau keputusan. Proses ini menerapkan metode atau teknik statistik sesuai dengan data yang dimiliki.
Ada berapa macam metode perhitungan anggaran analisis trend statistik? Sertakan penjelasannya!
Adapun beberapa metode analisis statistik :
1. Analisis Trend
Analisis trend adalah suatu teknik analisis data yang digunakan untuk menentukan arah pergerakan suatu data pada masa depan dengan memperhatikan data historis. Metode ini sangat berguna dalam membantu kita memprediksi dan meramalkan arah pergerakan suatu data, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam dunia bisnis, analisis tren digunakan untuk memperkirakan arah pergerakan keuangan perusahaan, seperti pendapatan, biaya, dan laba. Adapun pengertian analisis tren dalam laporan keuangan merupakan suatu metode analisis yang digunakan untuk memperkirakan arah pergerakan data keuangan perusahaan pada masa depan dengan melihat data historis yang terdapat dalam laporan keuangan. Mengutip dari Business Queensland, trend analysis adalah sebuah analisis dengan membandingkan data bisnis dari waktu ke waktu untuk melihat hasil yang konsisten atau tren.
2. Analisis Korelasi
Korelasi merupakan teknik analisis yang termasuk dalam salah satu teknik pengukuran asosiasi atau hubungan (measures of association). Pengukuran asosiasi merupakan istilah umum yang mengacu pada sekelompok teknik dalam statistik bivariat yang digunakan untuk mengukur kekuatan hubungan antara dua variabel.
3. Analisis Regresi
Analisis regresi pada dasarnya adalah studi mengenai ketergantungan satu variabel dependen (terikat) dengan satu atau lebih variabel independen (variabel penjelas/bebas), dengan tujuan untuk mengestimasi dan atau memprediksi rata-rata populasi atau nilai rata-rata variabel dependen berdasarkan nilai variabel independen yang diketahui.
Apa manfaat dari melakukan analisis statistik untuk Perusahaan ?
1. Menentukan angka laba penjualan bulanan, triwulanan, tahunan, dab biaya sehingga lebih udah untuk membuat keputusan.
2. Menyediakan data real-time untuk membuat keputusan yang tepat dan terinformasi.
3. Mengindetifikasi masalah atau penyebab kegagalan dan melakukan koreksi. Misalnya, dapat mengenali alasan kenaikan total biaya sehingga dapat menekan pengeluaran yang boros.
4. Melakukan analisis pasar serta membuat strategi pemasaran dan penjualan yang efektif.
5. Meningkatkan efisiensi proses yang berbeda.
Bagaimana cara perhitungan dalam metode analisis korelasi dan regresi ?
Keterkaitan suatu variabel dengan beberapa variabel lainnya dapat dijelaskan dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi. Sejauh mana variabelvariabel yang diteliti mempunyai keterkaitan yang erat dapat ditentukan dengan menggunakan teknik analisis korelasi.
Berdasarkan data penjualan PT BAHAGIA BERSAMA PRATAMA pada Tabel 2.1, berikut contoh model korelasinya: Misalkan X mewakili biaya promosi (jutaan rupiah) dan Y mewakili kuantitas penjualan (jutaan unit)
1. Metode Regresi
Y = a + b (X), persamaan regresinya, Persamaan berikut digunakan untuk mendapatkan koefisien a dan b
Kuantitas penjualan akan bertambah 3,64 juta unit jika biaya promosi naik satu juta rupiah, seperti yang dijelaskan dalam perhitungan ini.
2. Metode korelasi
Koefisien korelasi dicari dengan persamaan :
Nilai koefisien korelasi untuk data sebelumnya adalah :
Hasilnya, nilai yang ditemukan cukup mendekati 1, yang menunjukan adanya korelasi signifikan antara iklan dan volume penjualan. Karena terdapat korelasi positif antara keduanya, lebih banyak penjualan terjadi seiring dengan meningkatnya biaya iklan.
Kelompok 2 Penganggaran ( Agy Suci Andira, Dini Azmawaroh Nasution, Laurensia Stepy Natalie, Najuvita Alya Saputri, Shaqilla alsyifa irwansyah )
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.
